Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5827Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar siswa kelas V SDN Karang Tengah 1 dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini di laksanakan di SDN Karang Tengah 1 pada kelas V tahun ajaran 2022/2023. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif, yang ditunjang dengan penelitian lapangan dan referensi berkaitan dengan tema yang dibahas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa di SDN Karang Tengah 1 sudah berkembang dengan baik. Kemandirian belajar menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi akan berusaha menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri. Pembelajaran tematik menjadi wadah dalam mengembangkan kemandirian belajar siswa. Bentuk kemandirian belajar siswa yang dikembangkan di SDI Al-Azhar 17 Bintaro didukung dengan diantaranya percaya diri, aktif dalam belajar, disiplin dan tanggung jawab.
Keywords:
Kemandirian, Belajar, Buku TematikDownloads
References
Adha, M. M., & Ulpa, E. P. (2021). Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Karakter Anak/Peserta Didik Di Era Modern. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 90-100.
Agustyani, W. D., & Rindaningsih, I. (2022). The Urgency of Independent Learning in Virtual Learning. Academia Open, 6, 10-21070.
Amanah, S. N. A. (2020). Bentuk Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Karakter Kemandirian Anak. Al Naqdu: Jurnal Kajian Keislaman, 1(1), 10-10.
Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4-5 tahun di taman kanak kanak mujahidin i. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(9).
Amris, F. K., & Desyandri, D. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.
Apriani, I. F. (2021). Pola asuh orang tua militer dalam meningkatkan kemandirian anak. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 3(01), 42-50.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa SMP terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Faridha, A. (2022). Analisis Penggunaan Media Power Point Pada Pembelajaran Tematik Tema Makanan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 187-193.
Indarwati, S. (2020). Implementasi Model Homeschooling Dalam Upaya Membentuk Kemandirian Anak:(Studi Fenomenologi Di Homeschooling Group Mutiara Umat Surabaya). Edusiana: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7(1), 14-27.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa SMP pada materi persamaan garis lurus. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107-116.
Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142-154.
Kurniasih, N., Hidayani, F., Muchlis, A., & Soebagyo, J. (2021). Analisis kemandirian belajar matematika siswa SMA kelas XI selama pembelajaran jarak jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117-126.
Mara, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 789-798.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.
Rifa'i, M. (2019). Manajemen ekonomi mandiri pondok pesantren dalam mewujudkan kualitas layanan pendidikan. PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 30-44.
Siregar, R. (2015). Urgensi konseling keluarga dalam menciptkan keluarga sakinah. HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 77-91.
Sobri, M. (2020). Kontribusi kemandirian dan kedisiplinan terhadap hasil belajar. Guepedia.
Sriyono, H. (2021). Bimbingan dan Konseling Belajar Bagi Siswa di Sekolah-Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Suciati, W. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif jigsaw terhadap kemandirian belajar siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144-155.
Sukatin, P. K., & Marini, R. N. H. R. N. (2020). Mendidik Kemandirian Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 172-184.
Tabi'in, A. (2020). Pola Asuh Demokratis sebagai Upaya Menumbuhkan Kemandirian Anak di Panti Asuhan Dewi Aminah. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 30-43.
Ussolehah, A. (2023). Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Di Ra Al Fatah Desa Daya Asri Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(02), 251-260.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Alviah, Erdhita Oktrifianty, Yayah Huliatunisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work