Modul Flipbook pada Materi Interaksi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5757Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah bagaimana pengaruh e-modul flipbook terhadap hasil belajar dan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (four-D). yang diterapkan di sekolah SMPN 3 Jatiwangi. Subjek penelitian menrupakan 31 orang kelas VII A sebagai kelas kontrol dan 29 orang kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Kemampuan berpikir yang diukur dalam penelitian ini fleksibilitas, elaborasi, dan originalitas. Dalam penelitian ini berpikir kreatif siswa diukur dengan menggunakan Tes Kemampuan Berpikir Kreatif yang terdiri dari enam soal terbuka. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa: Kemampuan fleksibilitas dikelas yang menggunakan media flipbook siswa mendapatkan angka 84% lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol yang mendapatkan angka 75%. Kemampuan originalitas dikelas eksperimen memperoleh angka 75% sedangkan kelas kontrol memperoleh 65%. Kemampuan elaborasi dikelas eksperimen siswa mendapatkan angka 80% sedangkan kelas kontrol memperoleh 65%. Dan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa menggunakan tes yang terdiri dari sepuluh soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan kenaikan pada kelas kontrol sebesar 20% sedangkan kelas eksperimen 30%. Kesimpulannya modul flipbook dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Keywords:
Flipbook, hasil belajar siswa, keterampilan berpikir kreatifDownloads
References
Alzoubi, A. M. (2016). The Effect of Creative Thinking Education in Enhancing Creative Self-Efficacy and Cognitive Motivation. Journal of Educational and Developmental Psychology, 6(1), 117 – 130.
Basith, A., Rosmaiyadi, R., Triani, S. N., & Fitri, F. (2020). Investigation of Online Learning Satisfaction During COVID 19: In Relation to Academic Achievement. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(1), 265–275. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14803.
Campbell, N.A., Jane B. Reece, dan Lauren G. Mitchell. (2004). Biology. (Terjemahan: Wasmen Manalu). Jakarta: Erlangga.
Cachia, R., Ferrari, A., Ala-mutka, K., & Punie, Y. (2010). Creative Learning And Innovative Teaching. Seville: JRC-Institute For Prospective Technological Studies.
Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22. https://doi.org/10.1177/0047239520934018.
Elizabeth (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma sains: Vol. 6, No, 2. pp. 66-76.Kutlu. (2015). The Effect Of Purdue Model Based Science Teaching On Creative Thinking. International Journal of Education and Research. 3(3).
Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/JEE.V4I2.3344.
Khamidah, N., Winarto, W., & Mustikasari, V. R. (2019). Discovery Learning : Penerapan dalam pembelajaran IPA berbantuan bahan ajar digital interaktif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 87. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.770.
Mulyadi, D. U., & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal pembelajaran fisika, 4(4), 296-301.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.
Putra, G., & Agustiana, I. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran Daring. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 220–228. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran brain-based learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12-27.
Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078
Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166.
Thiagarajan, Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Ulandari, U., Ariyati, E., & Titin, T. (2018). Pengaruh Flash Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Atina Maulaya Fadlilah, Sofyan Hasanuddin Nur, Asep Ginanjar Arip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work