Media Pembelajaran Popscrap Book Pada Mata Pelajaran IPS Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Untuk Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5717Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Popscrap Book pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 48 Cakranegara. Media tersebut dapat digunakan sebagai sarana pendukung proses kegiatan belajar dan mengajar. Media pembelajaran ini dirancang dan dibuat dari tempelan potongan–potongan kertas yang berisi teks, gambar, foto, dan cerita. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang bersifat longituginal (beberapa tahap). Adapun tahap-tahap yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1) analiysis (analisis), 2) design (desain), 3) implementation (implementasi) dan 4) pengujian (uji coba). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan angket. Pada tahap validasi melibatkan ahli media dan ahli materi sebagai penilai serta penguji kelayakan media yang dikembangkan, sedangkan peserta didik digunakan sebagai uji pemakaian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah berupa media pembelajaran Popscarp Book. Hasil uji kelayakan menurut ahli media pembelajaran ditinjau dari aspek desain dan efisiensi mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 91,07%, menurut ahli materi ditinjau dari aspek isi dan pembelajaran mendapat kriteria sangat layak dengan rerata presentase 93,75%. Hasil uji pemakaian dari respon peserta didik mendapat kriteria sangat baik dengan rerata presentase 90,62%. Berdasarkan nilai yang diperoleh, maka media pembelajaran Popscrap Book sangat layak diterapkan pada peserta didik kelas IV SDN 48 Cakranegara.
Keywords:
Media Pembelajaran Popscrap Book, IPSDownloads
References
Batubara, H. H. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis android untuk peserta didik SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27.
Cecep & Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Toturial Nurani Sejahtera
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Masturah, E D, Mahadewi, L. P. P., & Simamora. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH …, 6(2), 212–221. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Mustofa, R., & Syafi’ah, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi Mata Pelajaran IPA Kelas III SD. ELSE (Elementary School Education Journal), 2, 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v2i2.1723
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920.
Oktarina, N. D., & Liyanovitasari, L. (2019). Media Cerita Bergambar Tentang Pengenalan Seks Dini Meningkatkan Pengetahuan Anak Usia Dini. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 110–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.296.
Oktaviarini, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Tema Lingkungan dan Alam Sekitar untuk Siswa Kelas IV SD di Kabupaten Blitar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar, 3(01).
Primasari, R. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran di Madrasa Aliyah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101
Rahmawati, N. (2014). Pengaruh media pop-up book terhadap penguasaan kosakata anak usia 5-6 tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Paud Teratai, 3(1).
Rizkiyah, F. L., & Mulyani, M. (2019). Penggunaan media pop up book untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kajeksan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Jpgsd, 7(1), 2581-2590.
Sholichah, D. N., & Hariani, S. (2020). Pengembangan media popscrap book untuk pembelajaran menulis teks eksposisi di Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 8(4), 714-726.
Solichah, L. A., & Mariana, N. (2018). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas Iv Sdn Wonoplintahan Ii Kecamatan Prambon. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 6(9), 1537-1547.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Jakarta: Publisher
Suwatra, M., & Christiani. (2019). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimbar Ilmu Undiksha, 24(2), 185–193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21257.
Vista, Hermita, & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v2i1.20-29.
Yendrita, & Syafitri. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains. v2i1.620.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Sari Ainun Muslimah Jamaludin, Nurhasanah, Ida Ermiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work