Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5708Abstract
Pendidikan karakter ditujukan untuk mengembangkan kemampuan siswa untuk mengambil keputusan yang baik dan buruk, mendukung apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan setiap harinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Lembuak. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 1 dan kelas 4, dan siswa kelas 1 dan kelas 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak dilakukan dengan 4 strategi yaitu penerapan pembiasaan yang sudah terjadwal, penerapan kegiatan kokurikuler P5, penerapan kegiatan ekstrakurikuler, dan mengintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran. Faktor pendukung dan faktor penghambat dapat berasal dari kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, dan lingkungan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila di SDN 3 Lembuak sudah berjalan dengan baik karena adanya ikut serta dari seluruh warga sekolah dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.
Keywords:
Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Nilai KarakterDownloads
References
Afresda, S., Toharudin, M., & Sunarsih, D. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Journal on Education, 6(1), 8021-8040. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/4215/3447
Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 76–87. https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/
Alnisyar, A. A. R. N. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau Dari Konsep Kepemimpinan. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3321/1864
Fatma Nraini Putri. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia Fatma Nuraini Putri. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8, 16– 24.
Intania, B. Y., Raharjo, T. J., & Yulianto, A. (2023). Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV SD Negeri Pesantren. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 629-646. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/2523/1175
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2928
Komala, C., Nurjannah, N., & Juanda, J. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” Kelas X Sman 2 Sumbawa Besar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 42-49. https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/JLPI/article/view/385/321
Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd AlIslam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483
Latifah, N. (2021). Penguatan pddkn karakter melalui PAI. Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 4(1), 648–664. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/elkatarie/article/view/417 1
Ludiansyah, I. B., & Madiun, U. P. (2023). Strategi Sekolah Dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. 2(2), 23–31. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/4172/3161
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan profil pelajar Pancasila ditinjau dari konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
Sahiri, A. E. ., & Faturahman, A. (2022). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Cerita Islami dalam meningkatkan Nilai Karakter Siswa . Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.225
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 84–90. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/127/35
Sari, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan pembiasaan dan keteladanan. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 249-258. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1952
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nila Ulfiani Saputri, Khairun Nisa, Muhammad Turmuzi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work