Motivasi Belajar Siswa SMK pada Materi Limit Fungsi Aljabar

Authors

  • Sumiati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Redo Martila Ruli Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5454

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, motivasi menjadi aspek yang sangat penting untuk dimiliki siswa. Tanpa motivasi belajar yang tinggi, siswa tidak akan mampu mencapai kompetensi yang diharapkan pada pembelajaran matematika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa motivasi belajar siswa SMK pada materi limit fungsi aljabar, dan metode dalam penelitian ini adalah kualitatif eksplanatif. Teknik pengambilan data diperoleh dengan angket terhadap siswa kelas XII Keperawatan pada salah satu SMK di Kabupaten Karawang dan kemudian dilakukan wawancara terhadap 3 orang siswa terpilih berdasarkan hasil angket yang memenuhi kualifikasi motivasi belajar siswa tinggi, sedang, dan rendah. Penyingkatan data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan digunakan sebagai analisa. Hasil penelitiannya adalah siswa pada salah satu SMK di Kabupaten Karawang memiliki motivasi belajar yang tergolong dalam kriteria sedang pada materi limit fungsi aljabar, dengan pencapaian indikator tertinggi yaitu ketekunan dalam belajar sebesar 65%. Hasil wawancara dengan seorang guru matematika dan ketiga siswa yang masing-masing memiliki tingkat motivasi tinggi, sedang, dan rendah, dapat diketahui bahwa penyebab motivasi belajar siswa tidak maksimal adalah karena siswa terlalu bergantung kepada guru di sekolah

Keywords:

Limit Fungsi Aljabar, Motivasi Belajar, Siswa SMK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, D. T. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Tema Keselamatan di rumah dan di perjalanan, Subtema Aturan Keselamatan di Perjalanan Pada Siswa Kelas II SD Negeri Cibogo Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Diakses dari http://repository.unpas.ac.id/30871/

Alfiannor, A. (2013). Identifikasi kesulitan dalam menyelesaikan soal limit fungsi trigonometri pada siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah PIP (Pendidikan Islam Parigi) Habirau Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. UIN Antasari.

Ardiyati, R. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kasihan Mempelajari Materi Limit Fungsi 2013/2014. Jurnal Pendagogi Matematika, 5(8).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azis, A., & Satria, R. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran PAI di SD Pembangunan Laboratorium UNP. AS-SABIQUN, 4(3), 471-483.

Bernard, M., & Sunaryo, A. (2020). Analisis motivasi belajar siswa MTs dalam pembelajaran matematika materi segitiga dengan berbantuan media javascript geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 134-143.

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Setiawan, W. (2020). Analisis motivasi belajar matematika siswa SMA bingkai cendekia cililin berbantuan aplikasi geogebra pada materi transformasi geometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 49-58.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334.

Fuad, A. P., & Siswanto, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(3).

Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 1(1).

Munasih, A., & Nurjaman, I. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode Tanya jawab pada anak usia 4-5 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-15.

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1-11.

Pratiwi, N. W. D., Asri, I. A. S., & Kristiantari, M. R. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(3), 192-201.

Romlah, S., Nugraha, N., & Setiawan, W. (2019). Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Albarokah 448 Bandung dengan Menggunakan Media ICT Berbasis For VBA Excel Pada Materi Garis Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 220-226.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Syafii, M. (2021). Hubungan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi kalkulus dan aljabar di kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 65-74.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Gorontalo: Bumi.

Wahyuni, Y. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Bunda Padang. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1).

Waritsman, A. (2020). Hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Downloads

Abstract Views : 626
Downloads Count: 375

Published

2023-10-01

How to Cite

Sumiati, S., & Ruli, R. M. (2023). Motivasi Belajar Siswa SMK pada Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1618–1623. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5454

Similar Articles

<< < 57 58 59 60 61 62 63 64 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.