Kunci Sukses Peningkatan Jumlah Dosen Tersertifikasi pada Perguruan Tinggi XYZ

Authors

  • Occe Luciana STIE Wibawa Karta Raharja

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4782

Abstract

Ketika dosen melaksanakan tugas, mereka tidak terlepas dari pengurusan jenjang karier. Pencapaian karier ini diraih melalui pelaksanaan kewajiban tridharma. Selanjutnya kinerja tersebut didokumentasikan pada sebuah aplikasi agar periode berikutnya bagi dosen yang memiliki jabatan fungsional paling awal yaitu Asisten Ahli (AA), dapat diusulkan sebagai peserta serdos. Serdos adalah salah satu karier yang wajib ditempuh oleh dosen ber-jabatan fungsional. Adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang telah berdiri puluhan tahun dan meraih akreditasi B namun jumlah dosen bersertifikatnya masih belum signifikan, maka dilakukanlah penyelidikan oleh peneliti untuk memperoleh jawaban penyebab minimnya jumlah dosen serdos sekaligus untuk mendapatkan penanggulangannya. Bahasan kajian berdasar pada hasil wawancara dan observasi di lembaga tersebut setelah menelaah data dosen yang diperoleh dari bagian akademik kampus. Data terkumpul selanjutnya dinarasikan menggunakan metode kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa dosen memiliki kesibukan tugas lain sehingga tidak cukup waktu untuk menulis karya ilmiah, dosen juga belum begitu memahami penggunaan aplikasi untuk menyimpan data kinerjanya, dan dosen masih dalam proses penyesuaian pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Sehingga solusinya diperlukan sebuah perubahan pada diri dosen sendiri berupa perubahan pola berpikir bahwa dosen adalah profesi dirinya dengan segala kewajibannya. Adapun pihak lembaga, diharapkan melakukan evaluasi kinerja dosen secara berkala, dan memastikan kesiapan tenaga administrasi dalam mengurus karier dosen.

Keywords:

Serdos, karier, tri dharma

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, K. J., & Wijaya, I. N. S. W. (2019). Pengembangan sistem evaluasi kinerja dosen (e-kuesioner) STMIK STIKOM Indonesia. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 8(1), 55-64.

Aziz, Al Barqy, A. A. (2015). Strategi kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim).

Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta).

Ginting, S. W., & Dharmawan, E. A. (2017). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Seleksi prioritas Pengajuan Dosen Calon Penerima Sertifikasi. JURNAL SIMETRIK, 7(2).

Hodi. (2016). Analisis Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta. Jurnal Manajemen Dirgantara. Vol. 9. Hal. 61

Aththaariq, T., Mochammad Wispandono, R. M., & Wildan, M. A. (2014). Kompetensi, P., Terhadap, D., Dosen, K., Universitas, D., Madura. In Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1).

Muluk, M. R. K. (2019). Strategi Percepatan Peningkatan Jabatan Fungsional Dosen. Civil Service Journal, 13(1 Juni), 47-59.

Nur Baits, A (2020). Fiqh ASN dan Karyawan. Muamalah Publishing. Hal. 67

Rahmat, Pupu. (2009). Jurnal-Penelitian-Kualitatif. (n.d.). Equilibrium, Vol. 5 No. 9

Ratiyah, H., Vidada, I. A., Setyaningsih, E. D., & Oktiyani, R. (2019). Keterkaitan Antara Minat Mengurus Jabatan Fungsional Dan Sertifikasi Pendidik Dikalangan Dosen Swasta. Jurnal Ecodemica, 3(2).

Permen No. 42 Sertifikasi Dosen. (n.d.).

Runtu, A. C., Mandey, J., & Ogotan, M. (2015). Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Kependidikan Pada Bagian Akademik Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Administrasi Publik, 2(30).

Suheri, A. (2017). Sistem Monitoring Kineja Dosen Dalam Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi ( Studi Kasus Stmik Cilegon ). Media Jurnal Informatika, 9(1), 37–48. http://jurnal.unsur.ac.id/mjinformatika

Yuliawati, S. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 218712.

Downloads

Abstract Views : 173
Downloads Count: 174

Published

2023-04-03

How to Cite

Luciana, O. (2023). Kunci Sukses Peningkatan Jumlah Dosen Tersertifikasi pada Perguruan Tinggi XYZ. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 419–425. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4782