Model Discovery Learning Berbantu Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi

  • Hana Habibah Ma’mun UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Muttaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ukit UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tri Wahyu Agustina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Discovery learning, Google Meet, Sistem Ekskresi

Abstract

Pembelajaran merupakan cara untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. Observasi lapangan menunjukkan hasil belajar kognitif materi sistem ekskresi di bawah nilai KKM karena proses pembelajaran didominasi oleh guru bukan siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa model discovery learning berbantu google meet, menganalisis hasil belajar kognitif model discovery learning berbantu google meet, menganalisis pengaruh model discovery learning berbantu google meet dan mendeskeripsikan respon siswa terhadap pembelajaran model discovery learning berbantu google meet pada materi sistem ekskresi.Metode penelitian menggunakan quasi eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian aktivitas guru dan siswa dengan discovery learning berbantu google meet memperoleh  dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa dengan discovery learning berbantu google meet diperoleh nilai post-test yang lebih baik dibanding nilai pre-test. Respon siswa terhadap model discovery learning berbantu google meet memiliki kategori kuat. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model discovery learning berbantu google meet pada materi sistem eskresi berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UIN Sunan Gunung Djati Bandung- Fakultas Tarbiyah- Pendidikan Biologi
Published
2022-01-22
How to Cite
Ma’mun, H. H., Muttaqin, M., Ukit, U., & Agustina , T. W. (2022). Model Discovery Learning Berbantu Google Meet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 47-53. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1508
Section
Articles