Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri Ngijo 02 Gunungpati

Authors

  • Muhammad Habib Ramadhani Universitas Negeri Semarang
  • Kartono Universitas Negeri Semarang
  • Sri Haryani Universitas Negeri Semarang
  • Putut Marwoto Universitas Negeri Semarang
  • Sungkowo Edy Mulyono Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4518

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V dan  Guru kelas V Sekolah Dasar SD Negeri Ngijo 02. Tes dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V adalah 54,76 dengan kriteria rendah. Masih ada kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pada indikator-indikator tertentu. Kendala yang sering dialami siswa dalam memecahkan masalah adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap masalah yang harus dipecahkan dan kurangnya kemampuan siswa dalam menuliskan informasi pada soal.

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achsin, M. A., Kartono, K., & Wibawanto, H. (2020). Analysis of Problem Solving Capabilities in Problem Based Learning Contextual Approaches Based on Metacognitive Awareness. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/32979

Farikh, N. I., & Haryani, S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Redoks. Chemistry in Education, 11(1), 79–85. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Hikmasari, P., Kartono, & Mariani, S. (2017). Analyze of Diagnostic Assessment and Remedial Teaching Result of Mathematics Problem Solving Achievement by Problem Based Learning Mode. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 215–222.

Iqbal, M., Nurhayati, N., Mrdhotillah, P., Ayu, S., Sunardi, S., & Sari, U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Ibtidiyah (MI) Sa’adatul Khairiyah Tebing Tinggi Pada Masa Pendemi Covid-19. Al Hikmah: Journal of Education, 2(1), 81–90. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.34

Kemdikbud. (2021). Dorong Pemulihan Pembelajaran di Masa Pandemi, Kurikulum Nasional Siapkan Tiga Opsi. Kemdikbud.

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Naimnule, M., Kartono, K., & Asikin, M. (2020). Mathematics Problem Solving Ability in Terms of Adversity Quotient in Problem Based Learning Model With Peer Feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/33859

Rahayu, R., & Kartono. (2014). The Effect of Mathematical Disposition on PMRI Toward Problem Solving Ability Based on Ideal Problem Solver. International Conference on Mathematics, 3(10), 1315–1318.

Rahman, M. (2019). 21st Century Skill “Problem Solving”: Defining the Concept. Asian Journal of Interdisciplinary Research, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.34256/ajir1917

Ramadhani, M. H., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Bersasis Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1064–1071. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.323

Safitri, F., Kartono, K., & Mastur, Z. (2021). Mathematics Problem Solving Skill Reviewed from Cognitive Style on Problem Based Learning with Aceh Custom Nuances with Descriptive Feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(A). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/37694

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 98–104.

Santana, H. H., Sunarso, A., & Mariani, S. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran dalam Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Self-Confidence melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 6(5), 7879–7887. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3643

Sarah, W., Marnita, M., & Rahma, R. (2020). Pengaruh Wabah Covid-19 Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP di Peureulak Barat. JEMAS : Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(2), 35–38. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/52

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY, 713–720.

Sudarsono, S., Kartono, K., Mulyono, M., & Mariani, S. (2022). The Effect of STEM Model Based on Bima’s Local Cultural on Problem Solving Ability. International Journal of Instruction, 15(2), 83–96. https://doi.org/10.29333/iji.2022.1525a

Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58

Tabroni, T. (2015). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6.

Ulya, H., Kartono, & Retnoningsih, A. (2014). Analysis of Mathematics Problem Solving Ability OF Junior High School Students Viewed from Students’ Cognitive Style. International Journal of Education and Research, 2(10). www.ijern.com

Usman, P. M., Tintis, I., & Nihayah, E. F. K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Basicedu, 6(1), 664–674. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1990

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Downloads

Abstract Views : 656
Downloads Count: 373

Published

2023-02-27

How to Cite

Ramadhani, M. H., Kartono, K., Haryani, S., Marwoto, P., & Mulyono, S. E. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri Ngijo 02 Gunungpati. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 168–176. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4518

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.