KAJIAN INTERTEKSTUAL FILM 5 CM DAN FILM NEGERI VAN ORANJE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.408Abstract
Pembelajaran apresiasi sastra merupakan pembelajaran yang dapat mempengaruhi pembentukan dan pengembangan karakter peserta didik, hal tersebut sangat dibutuhkan dan penting untuk tumbuh kembang peserta didik. Salah satu karya sastra yang dapat dijadikan bahan ajar apresiasi sastra di SMA adalah film yang diadaptasi dari sebuah novel. Film yang digunakan tentunya film yang memiliki nilai edukasi dan dapat memberikan pengetahuan lebih luas pada peserta didik. Selain itu, film tersebut pantas untuk dijadikan sebuah media bahan ajar. Setiap pembuatan karya sastra dapat terinspirasi dari karya-karya yang telah lahir lebih dulu daripadanya. Hal tersebut dapat dikaji menggunakan kajian intertekstual, yaitu mencari persamanaan dan perbedaan. Persamaan dan perbedaan tersebut dapat ditemukan dengan cara mensejajarkan unsur-unsur pembentuk atau struktur cerita yang dijadikan objek kajian. Intertkstual bekerja melalui hipogram-hipogram teks, menemukan perbedaan dan persamaannya, lalu menciptakan karya baru. Karya baru yang diciptakan bisa berupa karya fiksi maupun nonfiksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat terlihat persamaan antara kedua film tersebut, yaitu pada tokoh dari segi peranannya, sedangkan perbedaannya adalah terlihat dari latar dan alur.
Keywords:
struktural, intertekstual, film, apresiasi sastra, bahan ajarDownloads
References
Biran, Yusa Michbah. 2009. Peran Pemuda dalam Kebangkitan Film Indonesia. Jakarta: Kementrian Negara dan Olahraga.
Chintya Dyah Noventa, Maria. 2016. Analisis Citra Perempuan dalam Film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Jabrohim dan Ari Wulandari (ed). 2001. Metodologi Penelitian Sasta. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sangidu. 2004. Penelitian Sastra: Pendekatan, Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wicaksono, Andi. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Yustinah. 2006. Bahasa Indonesia Tataran Unggul. Jakarta: Erlangga
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work