Strategi Kepala Sekolah Dalam Menumbuhkan Budaya Berorganisasi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4325Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang strategi kepala sekolah dalam menumbuhkan budaya berorganisasi di SMA Tunas Luhur dengan menggunakan metodelogi penelitian kualitatif jenis penelitian study kasus. tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang cukup dan jelas sesuai dengan permasalahan penelitian di SMA Tunas Luhur tehadap 263 siswa. keorganisasian merupakan sebuah keilmuan yang akan menyempurnakan keahlian siswa secara akademiknya. Dengan berorganisai, mentalitas kepribadian siswa akan lebih mudah diperoleh. Begitu juga dengan kematangan mental siswa sangat dipengaruhi oleh adanya keorganisasian disekolah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah starategi kepala sekolah yang dilakukan di SMA Tunas Luhur untuk menumbuhkan budaya berorganisasi siswa dengan cara kepala sekolah memperbanyak organisasi di sekolah agar siswa terserap dan bisa menjadi anggota keorganisaian semua dengan cara melibatkan seluruh siswa SMA Tunus Luhur untuk aktif dalam organisasi, karena di SMA Tunas Luhur sudah ada beberapa organisasi yang terselenggara, jadi siswa bisa memilihih untuk mengikuti orgganisasi yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan siswa SMA Tunas Luhur. Hal tersebut memang menjadi prinsip SMA Tunas Luhur yang sangat diusahakan kepala sekolah agar seluruh siswa SMA tunas luhur aktif dalam organisasi beberapa organisasi yang diupayakan oleh kepala sekolah SMA Tunas Luhur meliputi, Osis, Pers, LC, Adiwiata kader, Kader Perpustakaan, Kader UKS, MPK dan KODA.
Keywords:
Strategi Kepala Sekolah, Menumbuhkan, Budaya OrganisasiDownloads
References
Aminah, S., Wibisana, E., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar.
Burhanuddin, D. H. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam. 11(1).
Danim, S., & Suparno. (2009). Manajemen Dan Kepeminpinan Transformasional Kepala Sekolah.
Ferinia, R., Prasetio, A. P., & Hutagalung, S. (2018). Optimalisasi Kinerja: Partisipasi Karyawan Dalam Keterlibatan Karyawan Dan Budaya Organisasi Spiritualitas. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 99-108. Https://Doi.Org/10.30596/Maneggio.V1i1.2370
Fauzi, I. (2021). Efek Mediasi Motivasi Kerja Pada Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja. 4.
Gusli, T., Primayeni, S., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2919–2932. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i5.1002
Hairi, M. R. A. (2021). Budaya Organisasi Dan Dampaknya Terhadap Lembaga Pendidikan.
Ilham, M., & Rahmat, A. (2021). Manajemen Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Budaya Organisasi Di Smp Islam Terpadu Luqmanul Hakim Aceh Besar. 12(01).
John W, C. (2017). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Malik, J., Trisnamansyah, S., & Mulyanto, A. (2021). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Sarana Prasarana, Dan Iklim Sekolah Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 81–94. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V2i2.48
Marno, & Supriyanto, T. (2008). Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditama.
Matondang, L., & Syahril, S. (2021). Kinerja Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4094–4101. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i6.1334
Miles, B. M., & Huberman, M. (2005). Qualitative Data Analysis. Ui Press.
Nuriati, N., Azis, M., & As, H. (2021). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Guru Sekolah Dasar Dan Sekolah Menegah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 565–571. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1835
Prasetyo, G. (2021). Akulturasi Masyarakat Pandhalungan: Aktualisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah. Education & Learning, 1(1), 20–25. Https://Doi.Org/10.57251/El.V1i1.16
Rosyidi, M. H. (2017). Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sd Bungah. Jurnal Ummul Qura, 9, 2017.
Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356–1364. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.938
Setyorini, A. D., Santi, S., & Anggiani, S. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Pt. Garuda Indonesia Tbk. E-Jurnal Akuntansi, 31(2), 427. Https://Doi.Org/10.24843/Eja.2021.V31.I02.P13
Suaiba, H. R., Abdullah, J., Suyanto, M. A., & Rita, D. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo. 5(3).
Sundari, A. (2021). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.31538/Munaddhomah.V2i1.45
Takrim, M., Yanti, E. R., & Yuliati, D. (2021). Kepemimpinan Milenial Dalam Memperkuat Budaya Organisasi. Jurnal Administrasi Kantor, 9, 251-262..
Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316. Https://Doi.Org/10.35308/Baktiku.V2i2.2835
Tiomantara, V. K., & Adiputra, I. G. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(3), 853. Https://Doi.Org/10.24912/Jmk.V3i3.13217
Wahyuni, H., & Suranto, S. (2021). Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar Terhadap Pemanasan Global Di Indonesia. Jiip: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 148–162. Https://Doi.Org/10.14710/Jiip.V6i1.10083
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moch Tohet, Surianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work