PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU

  • Nuning Hardi Yanti Universitas Muria Kudus
  • Murtono Universitas Muria Kudus
  • Much. Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus
Keywords: Numbered Head Together, Puzzle, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 5 Kedungsari dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Keterampilan mengajar guru menunjukkan peningkatan pada siklus I sampai siklus II meningkat 25%. Keaktifan belajar siswa pada siklus I sampai siklus II meningkat 21,33%. Ketuntasan klasikal hasil belajar IPS ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,78%. Ketuntasan klasikal hasil belajar Bahasa Indonesia ranah pengetahuan pada siklus I sampai siklus II meningkat 27,77%. Ketuntasan hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sampai siklus II meningkat 23,19%. Kesimpulannya dengan menerapkan model numbered head together berbantuan media puzzle tema cita-citaku mengalami peningkatan.

References

Aminah, E.. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Numbered Heads Together dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 146-154. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.58
Arafatun, S. K., & Sugiyarti S.. (2019). Penggunaan Media Wayang Daun dalam Mengembangkan Interkasi Siswa terhadap Lingkungan Belajar di SD Negeri 10 Pangkalpinang. Cendekiawan, 1 (2), 43-50. doi: https//doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i2.163
Arifin, Zainal. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Asikin. (2020). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 68-73. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.211
Bahnan, R. (2019). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Kompetensi Dasar Menirukan Pembacaan Pantun Anak di Kelas IV SD Negeri 26 Sungailiat. Cendekiawan, 1 (1), 13-19. https//doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.154
Devi, V. P, dkk. (2017). Penerapan Metode Numbered Head Together Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Sisiwa Kelas 4 SDN 3 Kuripan. Kalam Cendekia, 6 (3.1), 16-20.
Ernawati. (2020). Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 125-131. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.285
Farida, A., & Abbas N. (2015). Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Puzzle untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Joyful Learning Journal, 4 (2), 8-17.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar(SD). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kholis, N. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2 (1), 69-88. doi: http://dx.doi.org/10.25217/ji.v2i1.76.69-88
Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: WADE GROUP.
Nurlaili. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Perspektif Guru Pamong pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 1 (2), 49-58. Doi: https//doi.org/10.19109/jip.v4i1.2270
Permana, E. P.. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPS SD. JPDN, 1 (2), 49-58. https://doi.org/10.29407/jpdn.v1i2.210
Safitri R. W., Primiani C. N., &Hartini H. (2018). Pengembangan Media Flashcard Tematik Berbasis Permainan Tradisional Untuk Kelas IV Sub Tema Lingkungan Tempat Tinggalku. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 1-14 https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.1332
Sari, N. A., Akbar S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan,3 (12), 1572-1582. http//dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Solihatin, Etin. (2013). Strategi Pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudarwanto, W., Relmasira S. C., Juneau J. L.. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Stimulus Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Semester I Tahun 2017/2018. Kalam Cendekia, 6 (3.1), 1-10.
Surya, Y. F. (2018). Penerapan Model Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 2 (1), 135-139. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.131
Susnariah, Uus. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6 (1), 162-170. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.291
Tinah. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa tentang Luas Bangun Datar dengan Media Puzbatar. Cendekiawan, 1 (1), 1-6. https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v1i1.152
Yanti, D. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Puzzle IPS Kelas IV di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3 (4), 1-9.
Published
2020-11-25
How to Cite
Nuning Hardi Yanti, Murtono, & Much. Arsyad Fardani. (2020). PENERAPAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA PUZZLE MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA CITA-CITAKU. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 248-261. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.394
Section
Articles