Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi

Authors

  • Arnita Celin Ully Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505

Abstract

Siswa dituntut untuk memiliki kemampuan literasi matematis yang baik, akan tetapi kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah matematika masih kurang dikerahkan secara maksimal untuk itu perlu adanya kajian lebih dalam terhadap kemampuan siswa secara individual sehingga dapat diuraikan secara terperinci kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa. Dalam penelitian ini dikaji secara deskriptif kualitatif terkait kemampuan siswa dalam merumuskan situasi masalah (formulate), menerapkan matematika (employing), dan menafsirkan hasil matematika (interpreting). Subjek penelitian ini sebanyak 3 siswa yang diambil dari salah satu SMP yang ada di Bekasi pada tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan berupa tes soal AKM Numerasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan terdiri dari analisis hasil jawaban, menyajikan data hasil analisis, dan membuat kesimpulan. Hasil artikel ini memberikan gambaran kesulitan-kesulitan siswa dalam kemampuan literasi matematis pada penyelesaian soal AKM Numerasi. Adapun diantaranya siswa tidak mengidentifikasi aspek matematika dalam bacaan, belum mampu menerjemahkan masalah dalam rumusan matematika, belum mampu menerapkan rumus sesuai dengan prosedur, belum mampu melakukan pengukuran panjang, volume, berat serta tidak memberikan penjelasan hasil kesimpulan.

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematika, AKM, Numerasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/774

Ary, D., Jacobs, L. C., & Sorensen, C. (2011). Introduction to Research in Education. USA: Wadsworth.

Hakim, D. L. (2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir Kritis Siswa Dalam Materi Segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2017, 1135–1145. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2911

Malik, Syauqi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Mi Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education. Vol 4, No. 1, p 89-100, 2011

Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem Solving Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122

Risah, Y., Sutirna, & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 344–356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316

Rosalia Hera Novita Sari. (2015). “Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?”. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta PM-102 hal 714.

Stacey, K, & Turner, R. (2015). Assesing Mathematical Literacy: The PISA experience, Australia. Springer.

Suciati, D. R., & Hakim, D. L. (2019). Koneksi Matematis Pada Materi Kubus dan Balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1155–1165. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2934

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segiempat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 321–330. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.184

Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Matematika Sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1183–1192. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2953

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Tahapan Polya. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1), 156-162. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2014

Utari, D.R, Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: CV IPA Abong.

Downloads

Abstract Views : 1268
Downloads Count: 1056

Published

2022-12-17

How to Cite

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi Minimum Numerasi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1318–1325. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3505

Similar Articles

<< < 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.