Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi ELSA Speak

Authors

  • Claudia Lois Eunike Anes Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kelik Wachyudi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Reza Pahlevi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3235

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi telah menjadikan aktivitas dan pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Tidak hanya untuk membantu pekerjaan manusia, telah banyak juga teknologi yang digunakan untuk kegiatan belajar, termasuk belajar melafalkan kosakata bahasa inggris. Dalam melatih melafalkan kosakata bahasa inggris, salah satu media yang dapat digunakan adalah  English Language Speech Assistant (ELSA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran pelafalan kosakata bahasa Inggris melalui ELSA speak. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa di salah satu sekolah menengah pertama di Karawang.  Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang sangat baik terhadap ELSA Speak. Siswa antusias dalam mempelajari pengucapan kosakata bahasa Inggris menggunakan aplikasi ELSA speak. Perangkat ini telah memberikan cara mengucapkan secara baik dengan kualitas mendekati seperti seorang penutur sejati bahasa Inggris. Di samping itu, umpan balik yang diberikan media ini menjadikan siswa lebih termotivasi untuk melafalkan kosakata bahasa inggris.kesimpun dari penelitian ini adalah siswa telah memberikan respon yang positif terhadap penggunaan media ELSA Speak.

Keywords:

ELSA speak, pelafalan, persepsi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityarini, H., Fahdiansyah, M. F., & Novitasari, V. (2022). Enhancing students’ pronunciation using android pronunciation application. In International conference of learning on advance education (ICOLAE 2021) (hal. 828-835). Atlantis Press.

Akhmad, N. W., & Munawir, A. (2022). Improving the students’ pronunciation ability by using ELSA speak App. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 10(1), 846-857.

Anggraini, A. (2022). Improving students’ pronunciation skill using ELSA speak application. Journey: Journal of English Language and Pedagogy, 5(1), 135-141. https://doi.org/10.33503/journey.v5i1.1840

Aswaty, P., & Indari, A. (2022). The effect of using ELSA (English language speech assistant) speak application on students’ speaking ability for the eleventh grade of Mas Darul Al Muhajirin in the academic year 2021/2022. Serunai: Jurnal ilmiah ilmu pendidikan, 8(1), 18-23.

Isakova, T. X. (2022). The importance of pronunciation in English language teaching. In international conferences on learning and teaching, 1(7), 416-419.

Laila, I. N., & Leliana, A. (2022). English pronunciation of English department students of UNESA segmental and suprasegmental perspective. Elite Journal: International Journal of Education, Language, and Literature, 2(2)., 117-126.

Maulina, M., & Sari, Y. (2022). Research methods in the teaching and learning pronunciation using social media and technological tools. Harvest: An International Multidisciplinary and Multilingual Research Journal, 2(1), 55-63.

Nguyen, T. D. T., & Pham, V. P. H. (2022). Effects of using technology to support students in developing speaking skills. International Journal of Language Instruction, 1(1), 1-8.

Yaniafari, R. P., & Olivia, V. (2022). The potential of ASR for improving English pronunciation: A review. KnE Social Sciences, 281-289.

Downloads

Abstract Views : 1331
Downloads Count: 823

Published

2023-07-01

How to Cite

Anes, C. L. E., Wachyudi, K., & Pahlevi, M. R. (2023). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Aplikasi ELSA Speak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1147–1152. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.3235

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.