PENGGUNAAN MEDIA KARET DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.32Abstract
Setiap cabang olah raga memerlukan keterampilan, keberanian, kesenangan dan percaya diri tertentu dalam melakukan agar hasilnya bisa maksimal. Demikian juga halnya dengan cabang olah raga lompat tinggi. Namun kenyataannya tidak semua murid masih memperoleh hasil yang kurang baik dalam melakukan lompat tinggi, seperti penulis amati pada siswa kelas IV SDN Majasuka I. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran lompat tinggi mengalami masalah yang harus dicari solusinya. Guru menerapkan permainan karet gelang dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok agar siswa dapat bermain dan terbiasa saat melakukan tolakan dalam proses lompat jauh gaya jongkok. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Majasuka I. hasil penelitian menunjukkan media karet dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh.
Keywords:
Media karet, lompat tinggiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work