Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Media Wayang Beber

Authors

  • Luthfa Nugraheni Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.8523

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah penanaman pembelajaran akhlak dan budi pekerti untuk mengontrol perilaku peserta didik. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih, secara langsung peserta didik dapat menyerap informasi melalui smartphone. Upaya untuk mencegah perilaku negatif melalui tayangan smartphone tersebut adalah dengan menghadirkan wayang beber sebagai media pembelajaran di sekolah. Wayang beber merupakan wayang tertua di Indonesia. Cerita dalam wayang beber dalam penelitian ini tidak lagi Dewi Sekar Taji dan Panji Asmoro Bangun tetapi mengangkat cerita lokal yakni Wasis Joyokusumo. Wasis Joyokusumo merupakan tokoh atau Adipati kota Pati yang memiliki sifat arif dan bijaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penanaman pendidikan karakter melalui cerita wayang beber Wasis Joyokusumo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menanamkan pendidikan karakter peduli sosial. Penting penelitian ini dilakukan karena semakin banyak budaya asing diserap, maka semakin lunturnya budaya lokal. Hal demikian memiliki dampak yang signifikan misalnya, bersikap acuh kepada orang lain. Hal ini dikarenakan generasi milenial hidup pada zaman yang serba canggih. Implikasi praktis dalam penelitian ini adalah (1) penyampaian nilai budaya, (2) pengembangan karakter positif, (3) pembelajaran yang menarik dan interaktif, (4) penguatan budaya dan identitas.

Keywords:

Pendidikan karakter, media pembelajaran, wayang beber

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Apriliyana, Anjelia Rikha., Nugraheni, Luthfa. (2022). Peran Pembelajaran Cerita Rakyat untuk Membentuk Karakter Generasi Milenial. Prosidng: Seminar Nasional Revitalisasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 5.0 Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Volume 1 Nomor 1. Halaman 9-16.

Briggs, Leslie J. (1977). Instructional Design,Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.

Cresswell, J. W. (2014). RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.

Hasanah, U. (2016). Mencari Model Pendidikan Karakter di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 18–34. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8750

Hidayatullah, M. Furqon. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(024), 104–114.

Mertosedono Amir. (1994). Sejarah Wayang. Semarang. Effhar Offset.

Miles & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage Publications. Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal

Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Nugraheni, L., (2023). The Role of Children’s Literature in Era 4.0 as Forming Character of Pancasila Students. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities. Volume 2 Nomor 2. Halaman 14-18.

Nugraheni, L. (2023). Schizophrenia Disorder of the Main Character in the Theater Performance Script" Screams of Silence": Literary Psychology. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities. Volume 2 Nomor 2. Halaman 48-55

Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pementasan Drama “Pelayaran Menuju Ibu” Karya Ramli Prapanca Sebagai Bahan Ajar Pengkajian Drama Mahasiswa Pbsi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 684–689. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.730

Nugraheni, L., Suyitno, Waluyo, Herman. J, & Wardani, Eko Wardani. (2021). “Language Character Value of Wasis Joyokusumo Folklore as Learning Media at Elementary School”. ACM Digital library. https://doi.org/10.1145/3516875.3516920

Nugraheni, L., Suyitno, Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2022). The Influence of Wayang Beber (The Legend of Wasis Joyokusumo) as a Character-based Learning Media on Students’ Critical Thinking Ability. International Journal of Instruction, 15(3), 267–290. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15315a

Nugraheni, L. Arum Tri Handayani, Puput Dwi Lestari, Prih Nur Fia Istiqomah. (2023). “Nilai Budaya dalam Media Wayang Beber Wasis Joyokusumo sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS, 646–654-646–654.

Prilosadoso, B. H., Pujiono, B., Supeni, S., & Setyawan, B. W. (2019). Wayang Beber Animation Media As An Effort For Preserving Wayang Tradition Based on Information and Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012109

Sanjaya, D. B., Wirabrata, D. G. F., & Handayani, D. A. P. (2021). Menakar Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Diskursus Pembelajaran Abad XXI dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 990–974.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 3(1), 8–19.

Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 64–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam, 177–188.

Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796

Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed.). Sage Publication.

Downloads

Abstract Views : 9
Downloads Count: 2

Published

2025-06-03

How to Cite

Nugraheni, L. . (2025). Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Media Wayang Beber . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.8523

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.