Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Media Wayang Beber
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.8523Abstract
Pendidikan karakter merupakan sebuah penanaman pembelajaran akhlak dan budi pekerti untuk mengontrol perilaku peserta didik. Berkembangnya teknologi yang semakin canggih, secara langsung peserta didik dapat menyerap informasi melalui smartphone. Upaya untuk mencegah perilaku negatif melalui tayangan smartphone tersebut adalah dengan menghadirkan wayang beber sebagai media pembelajaran di sekolah. Wayang beber merupakan wayang tertua di Indonesia. Cerita dalam wayang beber dalam penelitian ini tidak lagi Dewi Sekar Taji dan Panji Asmoro Bangun tetapi mengangkat cerita lokal yakni Wasis Joyokusumo. Wasis Joyokusumo merupakan tokoh atau Adipati kota Pati yang memiliki sifat arif dan bijaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penanaman pendidikan karakter melalui cerita wayang beber Wasis Joyokusumo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menanamkan pendidikan karakter peduli sosial. Penting penelitian ini dilakukan karena semakin banyak budaya asing diserap, maka semakin lunturnya budaya lokal. Hal demikian memiliki dampak yang signifikan misalnya, bersikap acuh kepada orang lain. Hal ini dikarenakan generasi milenial hidup pada zaman yang serba canggih. Implikasi praktis dalam penelitian ini adalah (1) penyampaian nilai budaya, (2) pengembangan karakter positif, (3) pembelajaran yang menarik dan interaktif, (4) penguatan budaya dan identitas.
Keywords:
Pendidikan karakter, media pembelajaran, wayang beberDownloads
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107. https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Apriliyana, Anjelia Rikha., Nugraheni, Luthfa. (2022). Peran Pembelajaran Cerita Rakyat untuk Membentuk Karakter Generasi Milenial. Prosidng: Seminar Nasional Revitalisasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era 5.0 Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar. Volume 1 Nomor 1. Halaman 9-16.
Briggs, Leslie J. (1977). Instructional Design,Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.
Cresswell, J. W. (2014). RESEARCH DESIGN: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran
Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 380–390.
Hasanah, U. (2016). Mencari Model Pendidikan Karakter di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 18–34. https://doi.org/10.18860/jmpi.v5i1.8750
Hidayatullah, M. Furqon. (2009). Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Kusumawati, S. B., Jannah, A. D., & Setiawaty, R. (2023). Kontribusi Nilai Personal dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Cerita Anak Dauppare Karya Nurlina Arisnawati Untuk Siswa Sekolah Dasar. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education, 6(024), 104–114.
Mertosedono Amir. (1994). Sejarah Wayang. Semarang. Effhar Offset.
Miles & Huberman. (2014). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. London: Sage Publications. Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal
Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nugraheni, L., (2023). The Role of Children’s Literature in Era 4.0 as Forming Character of Pancasila Students. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities. Volume 2 Nomor 2. Halaman 14-18.
Nugraheni, L. (2023). Schizophrenia Disorder of the Main Character in the Theater Performance Script" Screams of Silence": Literary Psychology. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities. Volume 2 Nomor 2. Halaman 48-55
Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pementasan Drama “Pelayaran Menuju Ibu” Karya Ramli Prapanca Sebagai Bahan Ajar Pengkajian Drama Mahasiswa Pbsi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 684–689. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.730
Nugraheni, L., Suyitno, Waluyo, Herman. J, & Wardani, Eko Wardani. (2021). “Language Character Value of Wasis Joyokusumo Folklore as Learning Media at Elementary School”. ACM Digital library. https://doi.org/10.1145/3516875.3516920
Nugraheni, L., Suyitno, Waluyo, H. J., & Wardani, N. E. (2022). The Influence of Wayang Beber (The Legend of Wasis Joyokusumo) as a Character-based Learning Media on Students’ Critical Thinking Ability. International Journal of Instruction, 15(3), 267–290. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15315a
Nugraheni, L. Arum Tri Handayani, Puput Dwi Lestari, Prih Nur Fia Istiqomah. (2023). “Nilai Budaya dalam Media Wayang Beber Wasis Joyokusumo sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar”. Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS, 646–654-646–654.
Prilosadoso, B. H., Pujiono, B., Supeni, S., & Setyawan, B. W. (2019). Wayang Beber Animation Media As An Effort For Preserving Wayang Tradition Based on Information and Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1339(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012109
Sanjaya, D. B., Wirabrata, D. G. F., & Handayani, D. A. P. (2021). Menakar Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Diskursus Pembelajaran Abad XXI dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 990–974.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. IVCEJ, 3(1), 8–19.
Santoso, J., Wahyudi, A. B., Sabardila, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2019). Nilai Pendidikan Karakter pada Ungkapan Hikmah di Sekolah Dasar Se-Karesidenan Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1), 64–79. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.24931
Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam, 177–188.
Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. Islamika, 2(2), 298–311. https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796
Yin, R. K. (2009). Case Study Research Design and Methods (4th ed.). Sage Publication.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Luthfa Nugraheni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work