Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal

Authors

  • Pranita Marta Dinata Universitas Slamet Riyadi
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi
  • Ema Butsi Prihastari Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3123

Abstract

Motivasi belajar peserta didik menurun sejak adanya pandemi. Tujuan dalam penelitian ini Untuk mengetahui efektifitas LKPD berbasis etnomatematika terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian kuantitatif menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest. Subyek penelitian dalam penelitian ini kelas III A dan III B SDN 05 Kestalan Surakarta berjumlah 47 peserta didik dengan pengambilan sampel sebanyak 30 peserta didik menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, studi dokumentasi, dan observasi dengan instrument berupa kuisioner dan lembar observasi. Untuk menguji kualitas dalam instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, paired sample t test, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji hipotesis diperoleh t hitung  sebesar -3,927 sehingga sehingga LKPD berbasis etnomatematika berpengaruh terhadap motivasi belajar, sedangkan hasil uji n-gain diperoleh skor sebesar 68,91 menyatakan LKPD berbasis etnomatematika cukup efektif meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Keywords:

LKPD berbasis etnomatematika, Motivasi Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, T., Suastika, I. K., & Triwahyuningtyas, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Lingkaran Kelas 5 SDN Tanjungrejo 2 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3(1), 238–248.

Anggramayeni, A., Yolida, B., & Marpaung, R. R. T. (2018). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(5), 69–77.

Arianty R., A, Restian, dan I. M. (2021). Pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal Kecamatan Lawang-Malang pada siswa kelas 5 sd. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristiadi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Pemanasan Global. Bioedusiana, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.34289/277886

Asmaranti, W., Sasmita, P. G., & Wisniarti. (2018). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.

Bhoke, W. (2019). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-Flores. Imedtech (Instructional Media, Design and Technology), 3(1), 1. https://doi.org/10.38048/imedtech.v3i1.203

Cicilia, Y., & Vebrianto, R. (2020). Survei Penilaian Lkpd Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Siklus Makhluk Hidup Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 83–94.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects.https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Dazrullisa, & Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Bina Gogik, 5(2), 50–62. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/209/16

Dwipayana, P. A. P., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2020). Analisis kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis konteks budaya lokal untuk pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(1), 49-60.

Hikmah, N., Ahmad, A., & Saleh, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPS. Phinisi Integration Review, 5(1), 294-300. https://doi.org/10.26858/pir.v5i1.31772

Ianah, I., & Raharjo, H. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.59

Kalifah, D. R. N., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan LKPD tematik berbasis kearifan lokal budaya Lampung Selatan tema indahnya keberagaman kelas iv mi/sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 27–36. https://bit.ly/3AKezgn

Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8

Mastiawati. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Menggunakan Metode Mind Map Pada Peserta didik Kelas V SD Negeri Beriwit-7. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(11), 1476–1491.

Mayang, P. (2021). Etnomatematika Berbasis Budaya Di Indonesia. Sidoarjo Zifana Juwara

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis literasi digital calon guru SD dalam pembelajaran berbasis virtual classroom di masa pandemi covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116-123. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nursaidah, A., Nuraeni, E., & Pranata, O. H. (2018). Desain Didaktis Sifat-Sifat Persegi Dan Persegi Panjang Berbasis Permainanan Oray-Orayan Di Sekolah Dasar.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183

Prihastari, E. B., & Widyaningrum, R. (2021). Integrasi Budaya Lokal Dalam Pengembangan LKPD Untuk Mewujudkan Gerakan Literasi Sekolah. MENDIDIK: Jurnal Kajian …, 7(1), 43–49. https://doi.org/10.30653/003.202171.155.

Retno, Dwiyanti. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254879.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276

Rawa, N. R., & Bhoke, W. (2017). Pengaruh Penggunaan LKS Matematika Berbentuk Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume, 3(1), 20–29. http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/159

Sarifah, M. I. L. I. (2020). The Usefulness Of Online Learning Covid-19 Pandemic : Evidence From The Department Of Elementary School Teacher Education At Universitas Negeri Jakarta ,. 15(1), 107–124.

Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(01), 34-43.

Downloads

Abstract Views : 942
Downloads Count: 568

Published

2022-09-30

How to Cite

Dinata, P. M., Wicaksono, A. G., & Prihastari, E. B. (2022). Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1128–1134. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3123