PENERAPAN MODEL SKRIP KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.284Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IXD SMP Negeri 2 Jamblang dalam memahami Penjelasan Narasumber pada mata pelajaran IPS dengan penerapan Model Skrip Kooperatif, sehingga pembelajaran IPS menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi Penjelasan Narasumber, seperti kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian uang, Kemampuan siswa untuk menyebutkan syarat, fungsi, dan jenis-jenis uang, kemampuan siswa dalam menyebutkan macam-macam nilai uang, kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian, fungsi dan jenis-jenis bank, kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian lembaga keuangan bukan bank, dan kemampuan siswa dalam menyebutkan fungsi, dan jenis lembaga keuangan bukan bank. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas IXD SMP Negeri 2 Jamblang Kabupaten Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan
Keywords:
model skrip kooperatif, PTK, IPSDownloads
References
Adi, F. M., Phang, F. A., & Yusof, K. M. (2012). Student Perceptions Change in a Chemical Engineering Class using Cooperative Problem Based Learning (CPBL). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 56, 627–635. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.697
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Aryati, T. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Bermain Jawaban Di Kelas Xi Ips 5 Sman 10 Pekanbaru. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi, 5(2), 172–177. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Buchs, C., Gilles, I., Dutrévis, M., & Butera, F. (2011). Pressure to cooperate: Is positive reward interdependence really needed in cooperative learning? British Journal of Educational Psychology. https://doi.org/10.1348/000709910X504799
Darojat, Q., Ani, H. M., & Suyadi, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 207. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8321
Giri, K. Y. Y., Suarni, N. K., & Arini, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 63–72.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1999). Making cooperative learning work. Theory into Practice. https://doi.org/10.1080/00405849909543834
Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Kusumawati, I. T., & Sukidi, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Pengelasan Pada Siswa Kelas X …. JPGSD, 2(2), 1–12. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/21704
Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.091
Laal, M., Khattami-Kermanshahi, Z., & Laal, M. (2014). Teaching and Education; Collaborative Style. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.890
Lathifah, L. (2014). Meningkatkan Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ips Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas Viii B Smp Negeri 2 Amuntai Selatan. Jurnal Socius, 3(2). https://doi.org/10.20527/jurnalsocius.v3i2.3270
Meilani, R., & Sutarni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 176. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3349
Oxford, R. L. (1997). Cooperative Learning, Collaborative Learning, and Interaction: Three Communicative Strands in the Language Classroom. The Modern Language Journal. https://doi.org/10.2307/328888
Salamiah. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas Vi Sd Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.226
Suryana, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Sejarah Siswa (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa SMAN 1 Baregbeg). Jurnal Artefak, 4(2), 135. https://doi.org/10.25157/ja.v4i2.907
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasat. Biomass Chem Eng.
Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work