PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR BENTUK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.208Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai kemampuan menggambar bentuk. Penulis melakukan upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar bentuk dengan menggunakan Teknik Contextual Teaching and Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan sebanyak 36 siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan dalam menggambar bentuk pada mata pelajaran Seni Rupa dengan menggunakan teknik Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan hasil Penggunaan teknik Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menggambar bentuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palimanan pada materi menggambar bentuk.
Keywords:
contextual teaching and learning, seni rupa, prestasi belajarDownloads
References
Amir, MF. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21”, 34-42
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, SB. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Efniati, E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 129-146. Retrieved from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/176
Hartono. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 3(1), 1-12.
Jhonson. Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan Ibnu Setiawan. Bandung. Mizan Media Utama.
Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang, Depdikbud
Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang. Universitas Negeri Malang
Rofian. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 173-181
Sanjaya, W. (2010). Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Roses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.
Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyanto.(1997) Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Usman, R. (2015). Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Kritis Paragraf Materi Transportasi Siswa Kelas V SD Negeri 035 Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(1), 1 – 142
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work