PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR BENTUK

  • Aung Sayadi SMPN 2 Palimanan Cirebon
Keywords: contextual teaching and learning, seni rupa, prestasi belajar

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai kemampuan menggambar bentuk. Penulis melakukan upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar bentuk dengan menggunakan Teknik Contextual Teaching and Learning.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP Negeri  2 Palimanan sebanyak 36 siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri  2 Palimanan dalam menggambar bentuk pada mata pelajaran Seni Rupa dengan menggunakan teknik Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan hasil Penggunaan teknik Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menggambar bentuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri  2 Palimanan pada materi menggambar bentuk.

References

Amir, MF. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui implementasi Pembelajaran Abad 21”, 34-42

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, SB. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efniati, E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas VII-3 SMP Negeri 14 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 129-146. Retrieved from http://jurnal.stkippgribl.ac.id/index.php/lentera/article/view/176

Hartono. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini. Harmonia Jurnal Pengetahuan Dan Pemikiran Seni, 3(1), 1-12.

Jhonson. Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Menjadikan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Diterjemahkan Ibnu Setiawan. Bandung. Mizan Media Utama.

Kasbolah, K. (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang, Depdikbud

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Malang. Universitas Negeri Malang

Rofian. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demostrasi Pada Pendidikan Seni Rupa Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 173-181

Sanjaya, W. (2010). Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Roses Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto.(1997) Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.

Usman, R. (2015). Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Kritis Paragraf Materi Transportasi Siswa Kelas V SD Negeri 035 Pekanbaru. Jurnal SOROT, 10(1), 1 – 142

Published
2020-06-01
How to Cite
Sayadi, A. (2020). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI MENGGAMBAR BENTUK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 48-54. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.208
Section
Articles