UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING

  • Solehudin SDN Cingambul III Majalengka
Keywords: model kancing gemerincing, pemahaman konsep, pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya di kelas IV SDN Cingambul III. Salah satu solusi yang dianggap tepat dalam meningkatkan pemahaman konsep adalah Model Kancing Gemerincing. Atas dasar itu, penelitian ini bertujuan menerapkan model Kancing Gemerincing untuk meningkatkan pemahaman konsep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sebjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Cingambul III. Hasil penelitian menunjukkan hasil tes pemahaman konsep siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model kancing gemerincing dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan alam dan ragam sosial budaya di SDN Cingambul III Kecamatan Cingambul  Kabupaten Majalengka.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Asteriyana. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing di SD. Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).

Djamarah, S. (2010). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Eduktif. Jakarta : Ptrineka cipta.

Endang, & Sore, A.D., (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kancing Gemerincing Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Belimbing. Jurkami: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), 44-53.

Erika, D., Sumardi, & Rosarina. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pembelajaran IPS di SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 140-152.

Fiona, F., Rapani, & Siswantoro. (2019). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi, 1(3).

Kasbolah (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.

Miftahul, H. (2011). Coopratif Learning. Yogyakarta : pustaka pelajar

Lestari, F. Y. P., Ansori, Y. Z., & Nahdi, D. S. (2019). Model Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Majalengka, 509-516. Retrieved from http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/73

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya.

Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.

Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya. Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.

Ulfa, M & Saifuddin. (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran. SUHUF, 30( 1), 35-56.

Published
2020-06-01
How to Cite
Solehudin. (2020). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL KANCING GEMERINCING. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 25-33. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.205
Section
Articles