PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERUPA KERTAS LIPAT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BENTUK BILANGAN PECAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.203Abstract
Kenyataan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan tehnik pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi pecahan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada siswa kelas IV SDN Cimeong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes dan demonstrasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan hasil tes diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa pada materi pecahan mengalami peningkatan dengan menggunakan alat peraga kertas lipat, dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa untuk berdiskusi, mengeluarkan pendapat, memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
Keywords:
alat peraga, kertas lipat, pemahaman, siswa sekolah dasarDownloads
References
Anggraini, N. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Media Kerlip (Kertas Lipat) Pada Materi Konsep Kelipatan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SDN Bantelan Sumenep. Pedagogia, 3(2), 136-147.
Daris, H, Halini, Hanye, P. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Alat Peraga Kertas Lipat pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 3(6).
Hudojo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: Ikip .
Kasbolah, K. (2001). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Nahdi, D.S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 6-15.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Conceptual Understanding And Procedural Knowledge: A Case Study on Learning Mathematics of Fractional Material in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 42037. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042037
Sanjaya, W. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada. Media Grup.
Setiawan, I. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SD Negeri Bendungan III Dengan Alat Peraga Kertas Lipat. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 214-226.
Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Widada. (2010). Mudah Membuat Media Pembelajaran Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.
Yamin, M. (2011). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta; Gaung Persada Press.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work