Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Analisis Real
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1865Abstract
Analisis real merupakan salah satu mata kuliah dalam program sarjana pendidikan matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar mahasiswa. Hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh oleh sebagian besar mahasiswa yang baru mencapai standar tuntas. Penelitian ini berusaha melakukan analisis untuk mengetahui kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real II di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Nahdlatul Ulama Lmapung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika angkatan 2019 Universitas Nahdlatul Ulama Lampung dengan sampel sebanyak 55 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan teknik persentase untuk menganalisis tinggi rendahnya kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real II. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yaitu terdiri dari faktor yang bersumber dari diri sendiri sebesar 52%, faktor yang bersumber dari lingkungan keluarga 47%, faktor yang bersumber dari lingkungan sekolah 61% dan kator yang bersumber dari lingkungan masyarakat 45%.
Keywords:
kesulitan belajar, matematika, analisis realDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work