Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan

Authors

  • Mohamad Hasbi Romli UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Meti Maspupah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1650

Keywords:

model reading, questioning, and answering, pembelajaran daring, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Solusi yang dipilih adalah menerapkan model Reading, Questioning, and Answering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring model Reading, Questioning, and Answering terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan kelas X MIPA di Madrasah Aliyah Al-Manshuriyah Pagelaran kabupaten Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2021 di MA Al Manshuriyah. Teknik pengambilan sampel yaitu sample jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 55 responden yang  terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen (X MIPA1) dan kelas kontrol (X MIPA2). Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, angket, pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dan siswa sebesar 84,3%.  Dari hasil perhitungan statistik uji beda rata-rata menunjukkan hasil tes sesudah perlakuan lebih baik dibanding sebelum perlakukan. Dari hasil tersebut dapat menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Reading, Questioning, and Answering memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi tumbuhan kelas X MIPA di MA Al Manshuriyah Pagelaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfath, Siti Nur. 2013. Pengembangan Media Blended Learning Berbasis Web Enhanced Course Pada Mata Kuliah Fisika Dasar 2 Jurusan Fisika UNNEES. Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Bahri, Arsyad. 2016. Strategi Pembelajaran Reading Questioning And Answering (Rqa) Pada Perkuliahan Fisiologi Hewan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa. Jurnal Bionature, Vol:17, No2, Hal: 106-113.
Banawi, Asmin. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Jurnal Biology Science and Education. Vol. 8. No:1. Hal: : 90-100.
Baroroh, Ali. 2008. Analisis Statistik Dengan SPSS 15. Jakarta: PT Elex Komputindo. Carsel, Syamsunie. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan Dan Pendidikan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.
Dewa, Egidius dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan . Vol. 3 No. 2 (Hal. 351-359
Ismail, Fajri. 2018. Statistika Untuk Penelitian dan Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media.
Kariadinata, R., dan Abdurrahman, M. 2012. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Lashari, Defvia Ayu, dkk. 2017. Pengaruh Model Reading Questioning Answering (RQA) Terhadap Pengetahuan Metakogitif Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan Biolog. Vol:2. No:2. Hal:27-33.
Lin, Hendriyani. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi pada Universitas Syarif Hidayatullah. Jakarta: Universitas Syarif Hidayatullah
Maulida, Ana dan Ria Mayasari. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Reading, Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Sistem Koordinasi Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI di Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati. Vol.5 No.3 Hal: 99 – 106.
Pohan, albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Grobogan: CV Samu Untung.
Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD dan MI. Jakarta: PT Fajarinterpratama Mandiri.
Purwanto, N. M. 2012. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja osdakarya.
Ramdiah, Siti dan Rabiatul Adawiyah. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning And Answering (RQA) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kemampuan Akademik Rendah. Jurnal SIMBIOSA. Vol:7.No: 1. Hal:1-8.
Santoso, Singgih. 2009. Panduan Lengkap Menguasai Statistik Dengan SPSS 17. Jakarta: PT Elex Komputindo.
Saputra, Edy. 2020. Snowball Trowing Tingkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publshing.
Sudin. dkk. 2018. Pengaruh Model Reading Questioning Answering Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia. Vol:3. No:1. Hal:1-8.
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Depublisher.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutiah. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizami Learning Center.
Sutrisno. 2020. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materi Topologi Jaringan Dengan Media Pembelajaran. Malang: Ahli Media Press.
Winarno,dkk. 2018. Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA) di SMA. Jurnal Biodik. Vol:4. No:1. Hal:18-25.
Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmia Pendidikan Dan Pembelajaran. Vol:2 No:1 Hal:21-28.
Yuliani, dkk. 2020. Pembelajaran Daring untuk Pendidikan Teori dan Terapan. Medan: Penerbit Yayasan Kita.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Romli, M. H. ., Maspupah, M. ., & Yuliawati, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tumbuhan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 77–84. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1650