Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks

Authors

  • Jhony Ardianto Putra SDN 07 Kabun, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1560

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN 07 Kabun Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 07 Kabun yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 46,7% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 73,33%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 93,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN 07 Kabun Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode circ, pokok pikiran teks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 266
Downloads Count: 211

Published

2021-10-09

How to Cite

Putra, J. A. (2021). Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1692–1697. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1560

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.