Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition untuk Meningkatkan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1560Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Kemampuan menemukan pokok pikiran dalam teks melalui metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN 07 Kabun Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 07 Kabun yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 46,7% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 73,33%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 93,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN 07 Kabun Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode circ, pokok pikiran teksDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work