Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Hasil Identifikasi Faktor Penyebab Penjajahan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1558Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 47,82% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 73,91%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 91,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan pada siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode inkuiri, kemampuan menyajikanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work