Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Hasil Identifikasi Faktor Penyebab Penjajahan

Authors

  • Irfan Ghafur SDN 20 Sinapa Pilang Lubuk Sikarah Kota Solok Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 47,82% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 73,91%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 91,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menyajikan hasil identifikasi faktor penyebab penjajahan pada siswa kelas V SDN 20 Sinapa Pilang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode inkuiri, kemampuan menyajikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 351
Downloads Count: 190

Published

2021-10-08

How to Cite

Ghafur, I. (2021). Penerapan Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Hasil Identifikasi Faktor Penyebab Penjajahan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1653–1658. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1558

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.