Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengomunikasikan Pendapat Pribadi

Authors

  • Desi Delfina UPTD SDN 02 Tanjuang Gadang, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengomunikasikan pendapat pribadi melalui metode latihan pada siswa kelas IV UPTD SDN 02 Tanjuang Gadang Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 202/2021 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan Metode latihan dapat meningkatkan kemampuan mengomunikasikan pendapat pribadi, yaitu dari rata-rata nilai 77 (baik) pada siklus I menjadi 82 (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan mengomunikasikan pendapat pribadi pada siswa kelas IV UPTD SDN 02 Tanjuang Gadang Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode, latihan, mengomunikasikan, pendapat pribadi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 209
Downloads Count: 207

Published

2021-10-08

How to Cite

Delfina, D. (2021). Penerapan Metode Latihan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengomunikasikan Pendapat Pribadi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1628–1633. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1555

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.