Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Laporan Hasil Pengamatan dengan Metode Kooperatif pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Selvia Dwi Oktaviani SDN 2 Getas Kradenan Blora

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1551

Keywords:

metode kooperatif, kemampuan menyampaikan, laporan hasil pengamatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan menyampaikan laporan hasil pengamatan dengan metode kooperatif pada siswa kelas VI SDN 2 Getas Kradenan Blora Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas VI SDN 2 Getas Kradenan Blora. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyampaikan laporan hasil pengamatan siswa sebelum siklus I sebesar 42,2 pada siklus I, sebesar 63.9 dan pada siklus II sebesar 84,2 atau kemampuan yang diharapkan telah tercapai yaitu sebanyak lebih dari 70% siswa mendapat nilai di atas KKM yaitu 70.  Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode kooperatif dapat meningkatkan hasil pembelajaran kemampuan menyampaikan laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VI SDN 2 Getas Kradenan Blora Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-08

How to Cite

Oktaviani, S. D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyampaikan Laporan Hasil Pengamatan dengan Metode Kooperatif pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1617–1622. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1551