Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dan Pendukung dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1550Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung dengan metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN Glantengan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN Glantengan Kudus. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil pengamatan terdapat peningkatan kemampuan membaca intensif dari 45,31% ke 71,73% dengan kategori dari rendah ke tinggi, terdapat peningkatan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung dari 43,13% ke 73,91% dengan kategori rendah ke tinggi, terdapat peningkatan hasil belajar dari 59,34 ke 77,73 dengan kategori rendah ke tinggi. Kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung pada siswa kelas IV SDN Glantengan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
metode inkuiri, kemampuan menemukan, ide pokok dan pendukungDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work