Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dan Pendukung dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Iin Farihin SDN Glantengan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1550

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung dengan metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN Glantengan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN Glantengan Kudus. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil pengamatan terdapat peningkatan kemampuan membaca intensif dari 45,31% ke 71,73% dengan kategori dari rendah ke tinggi, terdapat peningkatan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung dari 43,13% ke 73,91% dengan kategori rendah ke tinggi, terdapat peningkatan hasil belajar dari 59,34 ke 77,73 dengan kategori rendah ke tinggi. Kemampuan guru dalam menerapkan metode inkuiri pada pembelajaran kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan ide pokok dan pendukung pada siswa kelas IV SDN Glantengan Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode inkuiri, kemampuan menemukan, ide pokok dan pendukung

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1387
Downloads Count: 856

Published

2021-10-08

How to Cite

Farihin, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dan Pendukung dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1612–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1550

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.