Peningkatan Kemampuan Menyebutkan Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Metode Jigsaw dan Media Gambar pada Siswa Kelas V

Authors

  • Siti Masrukhah SDN 1 Candimulyo Sedan Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1548

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menyebutkan organ gerak hewan dan manusia dengan metode Jigsaw pada siswa kelas V SDN Candimulyo Sedan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SDN Candimulyo Sedan Rembang. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian siklus I dengan KKM kemampuan menyebutkan organ gerak hewan dan manusia 75, siswa yang tuntas 25 atau 71,43 %, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 29 anak atau 82,86 %. Pada pelaksanaan siklus I skor rata-rata 75,44, dan pada siklus II skor rata-rata meningkat menjadi 80,74. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jigsaw dan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menyebutkan organ gerak hewan dan manusia siswa kelas V SDN Candimulyo Sedan Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

metode jigsaw, kemampuan menyebutkan, Organ Gerak

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 509
Downloads Count: 424

Published

2021-10-08

How to Cite

Masrukhah, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menyebutkan Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Metode Jigsaw dan Media Gambar pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1596–1601. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1548

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.