Peningkatan Kemampuan Menentukan Gagasan Pokok dari Teks dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Syamsul Ma’arif SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1547

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan menentukan Gagasan Pokok dari teks dengan metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil belajar Siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 12 orang Siswa yang dikenai tindakan, hanya 8 orang atau 67,7% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 4 orang lainnya atau 33,33% memperoleh nilai kurang dari 65. Persentase keberhasilan Siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% ketuntasan klasikal, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari 12 orang Siswa yang dikenai tindakan, 10 orang Siswa atau 83,33% memperoleh nilai 65 ke atas dengan nilai rata-rata 74,17. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan Gagasan Pokok dari teks pada siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Keywords:

metode inkuiri, kemampuan menentukan gagasan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 318
Downloads Count: 217

Published

2021-10-08

How to Cite

Ma’arif, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Gagasan Pokok dari Teks dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1590–1595. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1547

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.