Peningkatan Kemampuan Menentukan Gagasan Pokok dari Teks dengan Metode Inkuiri pada Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1547Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kemampuan menentukan Gagasan Pokok dari teks dengan metode inkuiri pada siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus. Data penelitian ini diperoleh dari tempat dan peristiwa, partisipan, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes, dan angket. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber data, triangulasi metode.. Data dianalisis dengan teknik analisis komparatif deskriptif. Hasil belajar Siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 12 orang Siswa yang dikenai tindakan, hanya 8 orang atau 67,7% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 4 orang lainnya atau 33,33% memperoleh nilai kurang dari 65. Persentase keberhasilan Siswa pada siklus I ini belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 80% ketuntasan klasikal, untuk itu perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Kekurangan-kekurangan pada siklus I selanjutnya diperbaiki dan disempurnakan pada pelaksanaan siklus II. Ternyata hasil tindakan siklus II menunjukkan bahwa dari 12 orang Siswa yang dikenai tindakan, 10 orang Siswa atau 83,33% memperoleh nilai 65 ke atas dengan nilai rata-rata 74,17. Simpulan penelitian ini bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan kemampuan menentukan Gagasan Pokok dari teks pada siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
metode inkuiri, kemampuan menentukan gagasanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work