Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks dengan Metode Latihan pada Siswa Kelas V

Authors

  • Octalina Kus Pujowati SDN Magersari Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1545

Keywords:

pokok pikiran, teks, metode latihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks melalui metode latihan pada siswa kelas V SDN Magersari Rembang. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Magersari Rembang yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan dan guru.  Pada hasil tes pemahaman ide pokok prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 44,36 atau masuk dalam kategori kurang. Sebanyak 16 siswa atau 68 % belum tuntas dan sebanyak 8 atau 32% tuntas. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,13 atau masuk dalam kategori cukup. Sebanyak 9 siswa atau 38% belum tuntas dan sebanyak 15 atau 62% tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas untuk tes pemahaman ide pokok sebesar 77,55. Sebanyak 21 siswa atau 87% tuntas belajar sedangkan 3 siswa atau sebanyak 13 % belum tuntas. Simpulan penelitian ini menunjukkan penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Magersari Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-10-07

How to Cite

Pujowati, O. K. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks dengan Metode Latihan pada Siswa Kelas V. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1579–1583. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1545