Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dalam Teks dengan Metode Latihan pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1545Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks melalui metode latihan pada siswa kelas V SDN Magersari Rembang. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Magersari Rembang yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan dan guru. Pada hasil tes pemahaman ide pokok prasiklus menunjukkan nilai rata-rata sebesar 44,36 atau masuk dalam kategori kurang. Sebanyak 16 siswa atau 68 % belum tuntas dan sebanyak 8 atau 32% tuntas. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,13 atau masuk dalam kategori cukup. Sebanyak 9 siswa atau 38% belum tuntas dan sebanyak 15 atau 62% tuntas. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas untuk tes pemahaman ide pokok sebesar 77,55. Sebanyak 21 siswa atau 87% tuntas belajar sedangkan 3 siswa atau sebanyak 13 % belum tuntas. Simpulan penelitian ini menunjukkan penerapan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan menentukan pokok pikiran dalam teks pada siswa kelas V SDN Magersari Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
pokok pikiran, teks, metode latihanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work