PENERAPAN METODE CIRCUIT TRAINING PADA MATERI LARI, LEMPAR DAN LOMPAT DI KELAS V SDN 2 CANGKOAK
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.206Abstract
Masalah dalam penelitian ini kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan praktek latihan. Metode circuit training dianggap sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas V dalam melaksanakan praktek latihan dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian diperoleh Kemampuan siswa kelas V dalam mempraktekkan gerakan-gerakan pokok bahasan Lari, Lempar dan Lompat meningkat dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training). Dengan menggunakan metode Latihan Sirkuit (Circuit Training) aktivitas siswa dari siklus ke siklus berikutnya mengalami peningkatan
Keywords:
circuit training, pembelajaran penjasDownloads
References
Ardika, IMY, dkk. (2015). Pengaruh Circuit Training Terhadap Kelincahan Dan Daya Ledak Otot Tungkai. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 3(1), 1-10
Fikri, A. (2017). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA Negeri 1 Lubuklingga. Jurnal Sportif, 3(1), 1, 89-102.
Kasbolah (2001). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Parlindungan, D.P. (2017). Pendekatan Kreatif Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Peningkatan Kesehatan Dan Gaya Hidup Sehat. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(1), 16-23.
Permatasari, DK, & Kartiko, DC. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Circuit Training Terhadap Hasil Belajar Dribble Bola Basket. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 7 (2), 283-286.
Perdima, Feby Elra. 2017. Pengaruh Metose Latihan Sirkuit, Metode Konvensional TerhadapKeterampilan Dasar Bola Basket. ALTIUS, 02(01), 9-14
Romadhoni, DL, dkk. (2018). Pengaruh Pemberian Circuit Training Terhadap Peningkatan Vo2 Max Pada Pemain Futsal Di Maleo Futsal Magetan. Jurnal Kesehatan, 11(1), 43-48.
Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Kencana.
Satria, HM., (2018). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Tahan Aerobik Pemain Sepakbola Universitas Bina Darma. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi. 11(1), 36-48.
Sujati. (2000). Penelitian Tindaka Kelas. Yogyakarta. FIP. UNY.
Subadiman, B. (2013). Olahraga Kesehatan Tenaga Dalam. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12 (2), 26-31.
Trisandy, M. (2017). Peningkatan V02 Max Melalui Latihan Circuit Training Pada Siswa Kelas VIII.4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1 (2), 70-85.
Utomo, AAB, & Lhisdiantoro, G. (2017). Latihan Weight Training dengan Metode Circuit Training Terhadap Hyperthropy Otot. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian "Penguatan Kualitas Pendidikan Tinggi Melalui Publikasi Ilmiah Bereputasi", 335-341
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work