Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas V

Authors

  • Juwitaningrum SDN Pranti Sulang Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran melalui metode CIRC pada siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran nilai rerata  yakni pada siklus I 72,50; dan siklus II 82,50. Selain adanya peningkatan mean skor juga adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II terjadi peningkatan mencapai 100%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian metode CIRC mampu meningkatkan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran pada siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021

Keywords:

metode CIRC, kemampuan menentukan Pokok Pikiran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 238
Downloads Count: 144

Published

2021-10-07

How to Cite

Juwitaningrum, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas V . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1564–1569. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1544

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.