Peningkatan Kemampuan Menentukan Pokok Pikiran dengan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1544Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran melalui metode CIRC pada siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan dan guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran nilai rerata yakni pada siklus I 72,50; dan siklus II 82,50. Selain adanya peningkatan mean skor juga adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar, yaitu pada siklus I 66,67%, siklus II terjadi peningkatan mencapai 100%. Sehingga berdasarkan hasil penelitian metode CIRC mampu meningkatkan kemampuan kemampuan menentukan pokok pikiran pada siswa kelas V SDN Pranti Sulang Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021
Keywords:
metode CIRC, kemampuan menentukan Pokok PikiranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work