Peningkatan Kemampuan Menganalisis Informasi dari Iklan Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1539Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis informasi dari iklan melalui metode CTL pada siswa kelas V SDN Undaan Tengah Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Undaan Tengah Kudus yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan dan guru kelas V. Pada siklus I siswa yang tergolong memiliki kemampuan analisis tinggi sebesar 41,38% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. (2) Penerapan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kemampuan menganalisis informasi dari iklan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL dapat meningkatkan kemampuan menganalisis informasi dari iklan dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Undaan Tengah Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
kemampuan menganalisis, iklan, metode ctlDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work