Peningkatan Kemampuan Menganalisis Informasi dari Iklan Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Hadi Abdul Aziz SD 3 Undaan Tengah Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis informasi dari iklan melalui metode CTL pada siswa kelas V SDN Undaan Tengah Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Undaan Tengah Kudus yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan dan guru kelas V. Pada siklus I siswa yang tergolong memiliki kemampuan analisis tinggi sebesar 41,38% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. (2) Penerapan CTL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kemampuan menganalisis informasi dari iklan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model CTL dapat meningkatkan kemampuan menganalisis informasi dari iklan dan prestasi belajar siswa kelas V SDN Undaan Tengah Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

kemampuan menganalisis, iklan, metode ctl

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 381
Downloads Count: 227

Published

2021-10-07

How to Cite

Hadi Abdul Aziz, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Informasi dari Iklan Melalui Metode Contextual Teaching and Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1494–1499. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1539

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.