Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Creative Thinking Skill dan Karakter pada Tema 7 Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1418Abstract
Pembelajaran pada kurikulum 2013 melibatkan peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Penggunakan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menggali creative thinking skill dan karakter peserta didik. Video pembelajaran merupakan media pembelajaran yang menampilkan gambar, suara, tulisan secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan produk berupa video pembelajaran, (2) mengetahui kelayakan video pembelajaran, dan (3) mengetahui kepraktisan video pembelajaran. Video pembelajaran dikembangkan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran berbasis creative thinking skill dan karakter: (1) produk yang dikembangkan berupa video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan referensi sumber dan media belajar, (2) hasil validasi kelayakan video pembelajaran berbasis creative thinking skill dan karakter mendapat rata-rata 3.7 dengan kriteria valid, (3) hasil respons peserta didik pada tahap uji coba luas mendapat presentase 94% dengan kategori sangat positif dan hasil keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I mendapat presentase 94.2% dengan kriteria sangat baik, pertemuan II mendapat presnetase 96.1 dengan kriteria sangat baik, dan pertemuan III mendapat presentase 98% dengan kriteria sangat baik.
Keywords:
creative thinking skill, video pembelajaran, karakterDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work