Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memberikan Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi anak untuk belajar selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan di desa Rajewesi dengan pelaku yang diteliti adalah peran orang tua dengan menggunakan 8 orang tua beserta anaknya sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari 8 informan orang tua ynag sudah peneliti berdasarkan kategori yang ditentukan sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlunya peran orang tua dalam memberikan motivasi kepada anak, dari 8 informan yang telah peneliti teliti menunjukan bahwa 3 informan orang tua memiliki peranan tinggi, 2 informan orang tua memiliki peranan sedang dan 3 informan lainnya memiliki peranan rendah dalam memberikan motivasi belajar.
Keywords:
motivasi belajar, peran orangtuaDownloads
References
Uno, H.B. 2012. Teori Motivasi & Pengukuran Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hero. Hermus, dan Sni. M.E. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Inpres Iligetang. Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2). 129-139.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencama Preanada Media Group.
Rumbewas, S.S., Beatus M.L., dan Naftali Meokbun. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains. 2(2). 201-202.
Zulfitria. Ansharullah, Pratami, C.A. 2020. Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendampingan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ. Jakarta: 7 Oktober 2020. Hal 1-7.
Aisyatinnaba. Nur, dan Sutoyo. Anwar. 2016. Peran Orang Tua dalam Memotivasi Sisa. Indonesian Journal of Guidance Counseling. 5(4). 52-57.
Lilawati, Agustien. 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 549-558.
Halimah. Siti. Mahmuddin, dan Idrus. L.N.A. 2019. Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 7 Sampit. Jurnal Paedagogie. 7(1). 42-47.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work