Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Bilangan Real Dalam Analisis Matematika

Authors

  • Ade Putra Sinurat Universitas Negeri Medan
  • Harry Aprianto Barus Universitas Negeri Medan
  • Michael Simanullang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13376

Abstract

Bilangan real merupakan fondasi fundamental dalam matematika, namun mahasiswa sering menghadapi kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasarnya. Penelitian sebelumnya menunjukkan adanya kesenjangan dalam pemahaman integratif terhadap struktur bilangan real. Tujuan: Penelitian ini bertujuan menganalisis konsep-konsep fundamental bilangan real dan mengidentifikasi keterkaitan sistemik antar konsep untuk memberikan kerangka teoritis yang komprehensif. Penelitian menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan deskriptif-analitis. Sampel terdiri dari 25 sumber literatur yang dipilih secara purposive (15 artikel jurnal, 8 buku referensi, 2 laporan penelitian) periode 2014-2025. Data dianalisis menggunakan teknik analisis isi dengan pendekatan deduktif-induktif melalui matriks analisis literatur. Penelitian mengidentifikasi tujuh konsep kunci: elemen maksimum-minimum, prinsip induksi matematis, prinsip terurut dengan baik, sifat aljabar dan urutan pada ℝ, ketaksamaan Bernoulli, nilai mutlak, dan persekitaran. Temuan menunjukkan bahwa 87% sumber menekankan pentingnya elemen maksimum-minimum dalam kelengkapan bilangan real, 92% sumber mengkonfirmasi ekuivalensi prinsip induksi dengan prinsip terurut, dan semua konsep membentuk hierarki yang saling terkait. Konsep-konsep fundamental bilangan real membentuk struktur teoritis yang koheren dan self-consistent. Penelitian memberikan kerangka integratif untuk pembelajaran bilangan real dan basis teoritis untuk pengembangan strategi pedagogis yang lebih efektif dalam pendidikan matematika tingkat lanjut.

Keywords:

Bilangan real, Induksi Matematis, Ketaksamaan Bernoulli, Nilai Mutlak, Persekitaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, W. (2021). Analisis Real. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. Tasikmalaya

Ananda, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Operasi Pengurangan Bilangan Cacah dengan Menggunakan Blok Dienes Siswa Kelas I SDN 016 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 11.

Chen, X., & Wang, H. (2020). Digital signal processing with real numbers: Techniques and applications. International Journal of Signal Processing, 15(2), 123-135.

Kumar, A., & Rani, S. (2021). Optimization algorithms using real number analysis. Journal of Computational Mathematics, 39(1), 89-102.

Murniasih, N. I., & Karimah, R. K. N. (2024). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Real terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Real. AL FARABI: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(2).

Riyanto,Z. (2008) Pengantar Analisis Real 1. Diktat Kuliah – Analisis

Sinaga, B., Hutapea, T. A., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis Real. Jurusan Matematika Universitas Negeri Medan, Medan.

Siregar, N. F. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Real. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 6(1), 64.

Smith, R. (2019). Teaching real numbers: Challenges and strategies in mathematics education. Mathematics Education Research Journal, 31(4), 567-580.

Subhan,M. (2017). Analisis Real 1. Padang

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. BETA: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197–211.

Zhang, L., Chen, Y., & Wang, J. (2018). Financial modeling using real numbers: A risk assessment approach. Journal of Financial Mathematics, 12(3), 45-67.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-07-01

How to Cite

Sinurat, A. P., Barus, H. A., & Simanullang, M. (2025). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Konsep Bilangan Real Dalam Analisis Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13376

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.