Analisis Variasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13262Abstract
Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan motivasi belajar peserta didik yaitu keterampilan pendidik dalam menerapkan dan merancang variasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan keterampilan pendidik mengadakan variasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN Gugus Adi Sucipto Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, lembar ceklist, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV di SDN Pucung, SDN Lembu, dan SDN Rejosari 02 mampu menerapkan variasi pembelajaran (variasi gaya mengajar, variasi pola interaksi, dan variasi media/alat peraga) dengan sangat baik dengan rata-rata masing-masing 92.5%, 87.5%, dan 91.25%. Hambatan yang dialami pendidik yaitu berkaitan dengan koneksi jaringan, pemadaman listrik, keaktifan peserta didik, dan penyesuaian karakteristik peserta didik. Respon peserta didik terkait adanya implementasi variasi pembelajaran terbilang sangat baik dengan rata-rata 85.40%, 72.91%, dan 83.30%, peserta didik secara umum mampu mengikuti pembelajaran dengan sangat baik. Selain itu, seluruh peserta didik menunjukkan tingkat motivasi yang sangat tinggi yang terlihat dari jawaban yang diberikan pada pengisian lembar ceklist. Rata-rata persentase tingkat motivasi peserta didik selama pembelajaran Pendidikan Pancasila masing-masing sebesar 84.75%, 84.91%, dan 81.40%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pendidik sudah mampu mengadakan variasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan sangat baik dilihat dari motivasi belajar dan respon peserta didik selama proses pembelajaran. Pendidik berperan penting dalam pengajaran, pembimbing, pengaturan kondisi kelas, motivator, informator, dan evaluator.
Keywords:
Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Variasi PembelajaranDownloads
References
Almah, A., & Sholeh, M. (2023). Teacher Skills in Teaching Low-Grade Class on Thematic Learning at MI Nurul Islam Pemurus Baru. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 84-94. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i2.28350
Ansani, & Samsir, H. M. (2022). Bandura’s Modeling Theory. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067-3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692
Anggito, A. & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anggrayani, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Ragam Variasi dalam Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 481-494.
https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.440
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358-366.
https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Asniar, A., Adnan, K., & Jafar, M. I. (2022). Hubungan Antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27377
Casetama, Y. W., & Utami, R. D. (2023). Analysis of Teachers’ Variation Skills in Teaching at Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5296-5305.
https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3363
Firdaus, F. dkk. 2021. Metodologi Penelitian Ekonomi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. In Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) (Vol. 6, No. 1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Hendra. 2015. Identifikasi Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berkontribusi Terhadap Keseriusan Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Kota Bima. Bima: Lembaga Penelitian dan Pengabdian STKIP Taman Siswa Bima.
Juliantika, J., Rohmah, H. N., & Al Munawaroh, S. Z. (2023). Urgensi Penguasaan Penerapan Variasi dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1718-1726. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.810
Lufri, dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH
Mustadi, A., dkk. (2022). Landasan Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Pancerindani, M. S. & Zuhdi, U. (2022). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 2 di SD Islam Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 383-395.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2024). Self-Determination Theory. In F. Maggino (ed.), Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (pp. 2-7). Cham: Springer Nature Switzerland AG. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69909-7_2630-2
Sidiq, U. & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.
Suhirman. 2020. Riset Pendidikan (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: Sanabil.
Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 51-62. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516
Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209-228. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risma Ika, Susilo Tri Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work