Analisis Variasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Risma Ika Universitas Negeri Semarang
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13262

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan motivasi belajar peserta didik yaitu keterampilan pendidik dalam menerapkan dan merancang variasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan keterampilan pendidik mengadakan variasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila ditinjau dari motivasi belajar peserta didik kelas IV di SDN Gugus Adi Sucipto Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskritif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, lembar ceklist, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV di SDN Pucung, SDN Lembu, dan SDN Rejosari 02 mampu menerapkan variasi pembelajaran (variasi gaya mengajar, variasi pola interaksi, dan variasi media/alat peraga) dengan sangat baik dengan rata-rata masing-masing 92.5%, 87.5%, dan 91.25%. Hambatan yang dialami pendidik yaitu berkaitan dengan koneksi jaringan, pemadaman listrik, keaktifan peserta didik, dan penyesuaian karakteristik peserta didik. Respon peserta didik terkait adanya implementasi variasi pembelajaran terbilang sangat baik dengan rata-rata 85.40%, 72.91%, dan 83.30%, peserta didik secara umum mampu mengikuti pembelajaran dengan sangat baik. Selain itu, seluruh peserta didik menunjukkan tingkat motivasi yang sangat tinggi yang terlihat dari jawaban yang diberikan pada pengisian lembar ceklist. Rata-rata persentase tingkat motivasi peserta didik selama pembelajaran Pendidikan Pancasila masing-masing sebesar 84.75%, 84.91%, dan 81.40%. Simpulan dari penelitian ini yaitu pendidik sudah mampu mengadakan variasi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan sangat baik dilihat dari motivasi belajar dan respon peserta didik selama proses pembelajaran. Pendidik berperan penting dalam pengajaran, pembimbing, pengaturan kondisi kelas, motivator, informator, dan evaluator.

Keywords:

Motivasi Belajar, Pendidikan Pancasila, Variasi Pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almah, A., & Sholeh, M. (2023). Teacher Skills in Teaching Low-Grade Class on Thematic Learning at MI Nurul Islam Pemurus Baru. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 6(2), 84-94. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v6i2.28350

Ansani, & Samsir, H. M. (2022). Bandura’s Modeling Theory. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(7), 3067-3080. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i7.692

Anggito, A. & Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anggrayani, A., Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2023). Ragam Variasi dalam Keterampilan Dasar Mengajar. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 481-494.

https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.440

Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358-366.

https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946

Asniar, A., Adnan, K., & Jafar, M. I. (2022). Hubungan Antara Variasi Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i1.27377

Casetama, Y. W., & Utami, R. D. (2023). Analysis of Teachers’ Variation Skills in Teaching at Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 5296-5305.

https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3363

Firdaus, F. dkk. 2021. Metodologi Penelitian Ekonomi. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022, January). Penerapan metode kualitatif deskriptif untuk aplikasi pengolahan data pelanggan pada car wash. In Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK) (Vol. 6, No. 1). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Hendra. 2015. Identifikasi Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berkontribusi Terhadap Keseriusan Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Kota Bima. Bima: Lembaga Penelitian dan Pengabdian STKIP Taman Siswa Bima.

Juliantika, J., Rohmah, H. N., & Al Munawaroh, S. Z. (2023). Urgensi Penguasaan Penerapan Variasi dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1718-1726. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.810

Lufri, dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Malang: CV IRDH

Mustadi, A., dkk. (2022). Landasan Pendidikan Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Pancerindani, M. S. & Zuhdi, U. (2022). Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 2 di SD Islam Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 383-395.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2024). Self-Determination Theory. In F. Maggino (ed.), Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (pp. 2-7). Cham: Springer Nature Switzerland AG. https://doi.org/10.1007/978-3-319-69909-7_2630-2

Sidiq, U. & Choiri, M. M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Suhirman. 2020. Riset Pendidikan (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: Sanabil.

Susanti, A., & Janattaka, N. (2020). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi pembelajaran tematik kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 51-62. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209-228. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13

Downloads

Abstract Views : 44
Downloads Count: 23

Published

2025-07-01

How to Cite

Ika, R., & Susilo Tri Widodo. (2025). Analisis Variasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13262

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.