Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Open Ended Problems Berbantuan Media Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • May Anggraini UMK
  • Murtono Univeristas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar dan meningkatkan hasil belajar siswa yang meliputi aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus dengan menerapkan model pembelajaran Open Ended Problems berbantuan media permainan Ludo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus dengan setiap siklus terdiri 4 tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar aspek pengetahuan muatan IPS siklus I memperoleh rata-rata 73,19 dengan ketuntasan klasikal 58,33% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 75,41 dengan ketuntasan klasikal 55,5%. Pada siklus II meningkat untuk muatan IPS memperoleh rata-rata 78,61 dengan ketuntasan klasikal 83,3% dan muatan Bahasa Indonesia dengan rata-rata 86,94 dengan ketuntasan klasikal 86,1%. Hasil belajar ranah keterampilan siklus I memperoleh persentase 52,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 91,6%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase 87,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menerapkan model Open Ended Problems berbantuan permainan Ludo dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 1 Mijen Kudus pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan.

Keywords:

Hasil belajar, Open Ended Problems, Ludo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa, E. 2017. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priyanti, E. T. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Setiyorini, Indah. 2013. Penggunaan Media Permainan Kartu Kuartet Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. JPGSD, 1 (2): 1-10.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tambalo, Dorkas dkk. 2014. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kesimbar Melalui Metode Tanya Jawab pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2 (4).

Downloads

Abstract Views : 514
Downloads Count: 235

Published

2021-08-07

How to Cite

Anggraini, M., Murtono, M., & Ismaya, E. A. . (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tema 4 Menggunakan Model Open Ended Problems Berbantuan Media Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 981–990. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1308

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.