Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Melalui Realistic Matematika Education (RME)
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1294Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar melalui metode RME pada siswa kelas IV SDN 324 Sinunukan II Mandailing Sumatera Utara. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian dengan tindakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat di setiap siklus I dan II. Hal ini terlihat dari hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam matapelajaran Matematika materi bangun datar segitiga setelah diterapkannya model pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education). Pada saat siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,81dengan tingkat ketuntasan 10 orang siswa (45,45%), dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata kelas mencapai 76,86 dengan tingkat ketuntasan 19 orang siswa(86,36%). Simpulan melalui metode RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas dan keliling bangun datar pada Siswa kelas IV SDN 324 Sinunukan II Mandailing Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2020/2021.
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Bangun Datar, Realistic Mathematika EducationDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work