Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning

Authors

  • Ade Hudaipah SDN Talagakulon V, Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1194

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 ini banyak sekali hambatan-hambatan yang dirasakan pada proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SDN Talagakulon V Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka ditemukan permasalahan bahwa hasil belajar peserta didik pada subtema  komponen ekosistem masih rendah. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, maka peneliti berinisiatif dengan mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini  merupakan PTK dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini sebanyak 33 siswa. Hasip Penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 2 hanya terdapat 5 siswa saja yang tidak tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords:

problem based learning, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 321
Downloads Count: 282

Published

2021-07-17

How to Cite

Hudaipah, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 694–699. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1194

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.