PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Didi Junaedi SD Negeri 2 Girinata Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai  Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penulis berupaya  mengatasi permasalahan tersebut dengan mencoba menerapkan model pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila” dengan penerapan Model pembelajaran Discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 2 Girinata Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila”  meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.

Keywords:

model pembelajaran discovery, hasil belajar, PKn

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, P. & Wachidi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas VII SMPN 8 Rejang Lebong. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 78-87.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Hanafi. (2016). The Effect of Discovery Learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2), 291-306.

Illahi, MT. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental. Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Kasbolah (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.

Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Laksana, DS. (2018). Implementasi Model Discovery learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiah (MI) Al-Ma’arif Gendingan Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 68-80.

Purwini. (2019). Penggunaan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII SMP. Paedagoria, 10(1), 8-15.

Reinata. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13-24.

Somantri, MN. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.

Sulfemi, WB. & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn. 5(1). 17-30.

Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.

Downloads

Abstract Views : 5612
Downloads Count: 3478

Published

2020-06-01

How to Cite

Junaedi , D. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 55–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209

Issue

Section

Articles