PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.209Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa banyak siswa kelas yang belum menguasai Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penulis berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan mencoba menerapkan model pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila” dengan penerapan Model pembelajaran Discovery. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VI SD Negeri 2 Girinata Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi “Nilai Juang dalam Proses Perumusan Pancasila” meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn.
Keywords:
model pembelajaran discovery, hasil belajar, PKnDownloads
References
Ariani, P. & Wachidi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas VII SMPN 8 Rejang Lebong. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 78-87.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Hanafi. (2016). The Effect of Discovery Learning Method Application on Increasing Students’ Listening Outcome and Social Attitude. Dinamika Ilmu, 16(2), 291-306.
Illahi, MT. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental. Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Kasbolah (1998). Penelitian Tindakan Kelas. Malang; Depdikbud.
Kurniasih, I. & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.
Laksana, DS. (2018). Implementasi Model Discovery learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiah (MI) Al-Ma’arif Gendingan Kec. Kedungwaru Kab. Tulungagung. JIP:Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 68-80.
Purwini. (2019). Penggunaan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VIII SMP. Paedagoria, 10(1), 8-15.
Reinata. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn di Kelas V SDN 02 Aur Kuning Bukittinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 13-24.
Somantri, MN. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA. Bandung: Rizqi Press.
Sulfemi, WB. & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan PKn. 5(1). 17-30.
Suyanto.(1997). Pedoman pelaksaaa penelitian kelas. Jakarta: Dirjen Dikti.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work