Manajemen Inovasi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Guru dan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1185Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen inovasi perpustakaan dalam meningkatkan minat baca guru dan siswa di SMA Negeri 2 OKU. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen inovasi perpustakaan SMA Negeri 2 OKU terdiri dari inovasi perencanaan yang berupa keterlibatan kepala sekolah dan dewan guru sementara dahulunya yang melakukan perencanaan hanya pengelola perpustakaan, inovasi pada pengadaan berupa teknik pengadaan yang digunakan bervariasi yakni dengan pembelian, kerja sama dengan penerbit, kerja sama dengan perpustakaan lain, dan bantuan dari pemerintah sementara dahulunya teknik pengadaan hanya berupa bantuan dari pemerintah, dan inovasi dalam pengawasan dan evaluasi program dan pelaksanaan manajemen inovasi perpustakaan sudah berjalan dengan baik, pelaksanaan perpustakaan yang dilakukan dalam meningkatkan minat baca siswa dan guru diantaranya adalah penyusunan buku pada rak harus teratur sesuai dengan judul buku tema tidak beracak dan tidak bercampuran dengan buku-buku lain.
Keywords:
manajemen inovasi, perpustakaan, minat bacaDownloads
References
Amrinah & Roikan. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Politik. Jakarta : Kencana Prenada Group
Apriyani, Harapan E, Houtman. (2021). Manajemen Perpustkaan Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan).Vol 6 No 1.
Bafadal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Bunanta, M. (2014). Buku, Dongeng, dan Minat Baca, Jakarta: Murti Bunanta Foundation.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Bustari,M. (2010). Manajemen Perpustakaan Pendidikan. Yogyakarta: Administrasi Penddidikan FIP UNY.
Choliq, A. (2011). Pengantar Manajemen. Semarang: Rafi Sarana Perkasa Darmono. (2010). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.edisi terbaru
Dewanto W. (2014). Manajemen Inovasi. Yogyakarta: CV.Andi Offset Dian, S. (2011). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Efrina, M. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Manajer Pendidikan, Volume 11, Nomor 6, hlm. 517-524
Febriani,PH. (2013) Pemberian Motivasi Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Pustakawan di UPT Perpustakaan. IAIN Surakarta
Geni, Harapan,E, dan Fitria.H (2020) yang berjudul “ Inovasi Manajemen Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (Studi Deskriptif Kualitatif Di Smp Negeri 1 Indralaya Selatan. Cahaya Pendidikan, Vol 6 No 2: 114-127
Hartono, (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Hendri, E & Robyardi E. (2019). Kajian Empiris Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 15 No.4, Hal: 1-13.
Jawangga, YH. (2019). Peran Manajemen. Klaten : Cempaka Putih
Kelly, P.; Kranzburg M. (2010). Technological Innovation: A Critical Review of Current Knowledge. San Francisco: San Francisco Press.
Kemendikbud. 2015. Permendikbud No 23 Tahun 2015 Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Kemendikbud
Kristiawan, Safitri, D & Lestari, R. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta : deepublish
Lasa ,HS.(2016) Manajemen Perpustakaan.Yogyakarta: Gama Media Lasa ,HS.(2017) Manajemen Perpustakaan.Yogyakarta: Gama Media
Leonhardt, M.(2010). Parents Who Love Reading, Kids Who Don’t : Kiat Menumbuhkan Kegemaran Membaca pada Anak. Alih Bahasa : Tjita Singo dan Yohana Veniranda. Jakarta : PT. Gramedia Widia sarana Indonesia.
Martono, E. (2010). Kearsipan: Rekod Manajemen dan Filing dalam Praktek Perkantoran Modern. Jakarta: Karya Utama.
Nanang, F. (2014). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugaraha, A dan Fitria, H. (2019). Manajemen Sarana Prasaran dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Serjana Universitas PGRI. Palembang : Universitas PGRI
Paizaludin dan Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Panduan Teoritis dan Praktis.Bandung : Alfabeta
Pawit, M. (2010). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Prastowo, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional. Yogyakarta: Diva Press
Pratama , Roemintoyo , Sumarni. (2018). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah ( Studi Kasus Pada Perpustakaan SMK Negeri 2 Surakarta). IJCEE. Vol. 4 No.2, Hal 82-92
Prihartanta, W.(2015). Perpustakaan Sekolah. Jurnal Adabiyah. Vol 1 No.81 Hal 1-14
Rahayuningsih. (2017). Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu Ratminto & Winarsih.S.Atik. (2012). Manajemen Pelayanan.Pustaka Pelajar Yogyakarta
Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.: Jakarta
Rukajat, A (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Sleman: Deepublish
Rustanto, B. (2015). Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rusydi.A. (2017). Inovasi Pendidikan. Medan : CV.Widya Puspita.
Safroni, L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya : Aditya Media Publishing
Septiana, AR. (2020). Manajemen Inovasi: Memenangi Kompetisi, Mengantisipasi Disrupsi. Bandung: Qnerza Publishing
Suandy, E (2013). Perencanaan Perpustakaan .Jakarta: Salemba Empat
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung; Alfabeta
Suhendar, Y. (2014). Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada.
Sukardi. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Suprihanto, J. (2014). Manajemen. Yogyakarta : Gaja Mada University Press Suprizal, O. (2013). Inovasi Manajemen Perpustakaan Sekolah Menegah Pertama (Tesis). Bengkulu (ID): Universitas Bengkulu.
Sutarno, NS. (2016). Manajemen perpustakaan: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Sagung Set
Suwandi & Basrowi. 2018. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Suwarno, W. (2011). Perpustakaan dan Buku (Wacana Penulisan dan Penerbitan). Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taufik. (2011). Inovasi Manajemen Perpustakaan Sekolah (Studi Deskriptif Komparatif di SMA Negeri 1 Lebong Utara dan SMA Negeri 1 Lebong Tengah Kabupaten Lebong). Bengkulu: Tesis Prodi Magister Administrasi/Manajemen Pendidikan PPs FKIP Universitas Bengkulu
Terry, GR. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Jakarta : Penerbit Kencana
Wahyuni, YS. (2019). Perpustakaan Milik Kita. Jawa Tengah : Alprin
Wibayanti, SH., Lian B., dan Mulyadi. (2020). The Influence of School Literacy Movement and Reading Habit on Student’s Achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT). Vol. 20 No. 1 April 2020, pp. 144-155
Widihastuti. (2010).Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Siswa di Sekolah Menengah Pertama se-Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Tesis. Jakarta : UNJ
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Yusuf, PM dan Yaya S (2010). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Jakarta: Kencana.
Zuriyati,Harapan,E, & Missriani. (2020). Pengaruh Manajemen Perpustkaan dan Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Cahaya Pendidikan,Vol 6 No.1: 13-24
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work