Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1181

Keywords:

peran orang tua, motivasi belajar, pembelajaran matematika, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan mahasiswa ketika melaksanakan program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Kemendikbud yang ditempatkan di sekolah sesuai domisili yaitu SD Negeri Gunung Datar. Pengamatan ini ditunjukan untuk mengetahui peran orang tua siswa kelas 3 SD Negeri Gunung Datar dalam membimbing dan mendidik anak belajar khususnya dalam pembelajaran matematika. Motivasi belajar dari orang tua dapat memberikan dorongan yang lebih intensif terhadap anak untuk tetap belajar dan orang tua dapat lebih mengetahui karakteristik anak dan menyesuaikan diri ketika proses belajar, sehingga siswa mendapatkan hasil yang maksimal dalam belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Namun, terdapat kendala yang memungkinkan siswa kurang beradaptasi dalam pembelajaran yang dilakukan secara online. Termasuk ketika siswa belajar matematika, Pembelajaran tersebut kurang efektif jika dilakukan di rumah saja, dikarenakan minimnya pengetahuan orang tua dan juga belum mengetahui strategi yang baik ketika menghadapi anak dalam proses pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Dr.farida Nugrahani, M. H. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 305. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Haerudin, Cahyani, A., Sitihanifah, N., Setiani, R. N., Nurhayati, S., Oktaviana, V., & Sitorus, Y. I. (2020). Peran Orangtua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran Di Rumah Sebagai Upaya Memutus Covid-19. Universitas Singaperbangsa Karawang, 1–12.
Lanes, et al. (2021). Peran Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dalam Proses Belajar Daring Bagi Anak Di Sd Negeri 15 Manado. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Misdar, M. (1970). Mengkritisi Faktor-Faktor Kegagalan Akademik Siswa Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 205–224. https://doi.org/10.19109/tadrib.v4i2.2465
Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(01), 94–101.
Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika , Persepsi Pada Mata Pelajaran Matematika , Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93.
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Theresia, S., Sipayung, R., & Simarmata, E. J. (2020). Jurnal Educatio FKIP UNMA PENGARUH PERAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VA SD AGIA SOPHIA. 6(2), 407–412. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.556
Valeza, A. S. (2017). Peran orang tua dalam meningkatkan Prestasi anak di perum tanjung raya permai kelurahan pematang wangi kecamatan tanjung senang bandar lampung. Skripsi, 106.
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi the type of descriptive research in communication study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Downloads

Published

2021-07-06

How to Cite

Solikhah, L. F., & Heni Pujiastuti. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 668–673. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1181