Kemampuan Microteaching Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Setelah Melihat Youtube Microteaching

Authors

  • Juni Syaputra STKIP Muhammadiyah Manokwari

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1150

Keywords:

kemampuan, microteaching, youtube

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam melaksanakan praktek microteaching. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Sumber dan data  dalam penelitian ini adalah kemapuan microyeaching mahasiswa pendikan bahasa dan sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes  microteaching dan dokumentasi berupa video kegiatan microteaching.  Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini, setelah mahasiswa melihat youtube cara mengajar yang baik maka hasilnya ditemukan sebanyak 23 mahsiswa memiliki kemampuan membuka pelajaran, 20 mahasiswa memiliki kemampuan memberikan penguatan, 23 mahasiswa memiliki kemampuan mengola kelas, 23 mahasiswa memiliki kemampun bertanya, 23 mahasiswa memiliki kemampuan menutup pelajaran, 21 mahasiswa memiliki kemampuan membimbing diskusi, sementara kemapuan menjelaskan materi dan kemampuan melakukan variasi pelajaran hanya 15 orang dan 5 orang. Oleh karena itu diharapkan kepada mahasiswa yang akan mengikuti mata kuliah microteaching harus memperhatikan dua bagian tersebut agar siap menjadi caolon guru yang professional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, Putu Budi. 2018. Pola Pelaksanaan Microteaching. LPPPM-LABDIKDU Uiversitas Pendidikan Ganesha.
Arifmiboy. 2019. Microteaching Model Tadaluring. Ponorogo. Wade Grup.
Irawati, Hani. 2020. “Analisis Keterampilan dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD”. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 9, No. 1 2020 hal 34-41.
Junanah, dkk 2018. Buku Pedoman Microteaching. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Mujianto, Haryadi. 2019. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar”. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol .5; No.1 Tahun 2019.
Sohibun, dkk. 2017. “Peran Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Microteaching Terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa PPL Fisika”. Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 02 (1) (2017) 57-65. P-ISSN: 2301-7562 E-ISSN: 2579-7964.
Widyantara dan Rasna, 2020. “ Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 9 No 2, Oktober 2020.

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Syaputra, J. . (2021). Kemampuan Microteaching Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Setelah Melihat Youtube Microteaching. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 632–638. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1150