Kemampuan Microteaching Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Setelah Melihat Youtube Microteaching
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1150Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mahahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam melaksanakan praktek microteaching. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sumber dan data dalam penelitian ini adalah kemapuan microyeaching mahasiswa pendikan bahasa dan sastra Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara tes microteaching dan dokumentasi berupa video kegiatan microteaching. Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini, setelah mahasiswa melihat youtube cara mengajar yang baik maka hasilnya ditemukan sebanyak 23 mahsiswa memiliki kemampuan membuka pelajaran, 20 mahasiswa memiliki kemampuan memberikan penguatan, 23 mahasiswa memiliki kemampuan mengola kelas, 23 mahasiswa memiliki kemampun bertanya, 23 mahasiswa memiliki kemampuan menutup pelajaran, 21 mahasiswa memiliki kemampuan membimbing diskusi, sementara kemapuan menjelaskan materi dan kemampuan melakukan variasi pelajaran hanya 15 orang dan 5 orang. Oleh karena itu diharapkan kepada mahasiswa yang akan mengikuti mata kuliah microteaching harus memperhatikan dua bagian tersebut agar siap menjadi caolon guru yang professional.
Keywords:
kemampuan, microteaching, youtubeDownloads
References
Arifmiboy. 2019. Microteaching Model Tadaluring. Ponorogo. Wade Grup.
Irawati, Hani. 2020. “Analisis Keterampilan dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi di Pendidikan Biologi FKIP UAD”. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 9, No. 1 2020 hal 34-41.
Junanah, dkk 2018. Buku Pedoman Microteaching. Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Mujianto, Haryadi. 2019. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar”. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Vol .5; No.1 Tahun 2019.
Sohibun, dkk. 2017. “Peran Mata Kuliah Profesi Kependidikan dan Microteaching Terhadap Kompetensi Profesional Mahasiswa PPL Fisika”. Tadris Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 02 (1) (2017) 57-65. P-ISSN: 2301-7562 E-ISSN: 2579-7964.
Widyantara dan Rasna, 2020. “ Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 9 No 2, Oktober 2020.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work