Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Sikap Spiritual Dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa

Authors

  • Ketut Surini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Epu Kuturan Singaraja
  • I Made Ari Winangun Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Epu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11134

Abstract

Penelitian ini menguji dampak model Children Learning in Science (CLIS) yang didasarkan pada nilai-nilai Tri Kaya Parisudha (pikiran baik, perkataan baik, dan perbuatan baik) terhadap sikap spiritual dan hasil belajar siswa kelas empat SD di Gugus VII Banyuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan fokus pada dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model CLIS dan kelompok kontrol yang menerapkan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengevaluasi kinerja siswa dalam pelajaran agama Hindu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CLIS secara signifikan meningkatkan sikap spiritual dan prestasi akademik siswa dibandingkan dengan metode konvensional. Kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan substansial dalam sikap spiritual, dengan skor yang meningkat dari rata-rata 75,6 menjadi 88,4. Selain itu, prestasi akademik juga meningkat secara nyata, dengan kelompok eksperimen mencapai nilai rata-rata post-test 85,7, dibandingkan dengan 75,2 pada kelompok kontrol. Analisis statistik mengkonfirmasi keefektifan model CLIS, dengan korelasi yang signifikan (r = 0,68) antara sikap spiritual dan hasil akademik. Pendekatan CLIS, yang diperkaya dengan nilai-nilai Tri Kaya Parisudha, menumbuhkan lingkungan belajar holistik yang mengintegrasikan pendidikan etika dan moral dengan inkuiri ilmiah.

Keywords:

Children Learning in Science, Tri Kaya Parisudha, spiritual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Dewantara, K. H. (2013). Pendidikan. Yogyakarta: Taman Siswa.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wisudawati, A. W., & Eka, F. M. (2014). Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyana, I. W. G. (2017). "Implementasi Tri Kaya Parisudha dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Hindu, 5(2), 123-135.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Abstract Views : 168
Downloads Count: 63

Published

2025-01-09

How to Cite

Surini, K., & Winangun, I. M. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Sikap Spiritual Dan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.11134

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.