Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Sunda

Authors

  • Yeyet MTs Negeri 4 Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043

Keywords:

keterampilan berbicara, kooperatif tipe jigsaw

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan rendahnya keterampilan berbicara siswa dalam bahasa sunda. Penulis mencoba menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Sunda. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 4 Kuningan dengan subyek penelitian siswa kelas 8A. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8A di MTs Negeri 4 Kuningan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-05-11

How to Cite

Yeyet, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Bahasa Sunda. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 367–374. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1043

Issue

Section

Articles