Penerapan Strategi Learning Contract dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

  • Muizudin SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon
Keywords: learning contract, hasil belajar, IPA

Abstract

IPA merupakan cabang ilmu sains yang mempelajari tentang kehidupan. Dalam pembelajaran sains ditekankan adanya pengalaman langsung yang dialami siswa. Dalam konteks ini seorang siswa harus menggunakan metode-metode ilmiah yaitu menggali pengetahuan melalui penyelidikan atau penelitian, mengkomunikasikan pengetahuannya kepada orang lain, menggunakan keterampilan berpikir, menggunakan sikap dan nilai ilmiah. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Learning Contract pada materi Listrik statis pada siswa kelasĀ  IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan, penulis menarik kesimpulan sebagai berikut: 1). Bahwa strategi Learning Contract dapat dilaksanakan sebagai strategi pembelajaran pada materi pokok Listrik statis di kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten Cirebon 2). Banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kreativitas berpikir dan aktivitas belajar [PA siswa kelas IX A SMP Negeri I Sumber Kabupaten CirebonĀ  adalah sebanyak 3 siklus. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan antara lain: 1). Bagi pihak sekolah hendaknya lebih sering melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai salah satu usaha untuk memperbaiki mutupembelajaran 2). Bagi dunia pendidikan, dapat dijadikan sebagai sumbangan bagi khazanah pengembanganpendidikan 3). Bagi Guru hendaknya dapat menerapkan strategi ini sebagai salah satu strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-09
How to Cite
Muizudin, M. (2021). Penerapan Strategi Learning Contract dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 332-341. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1014
Section
Articles