PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDIGO SI RIKAL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suryaman Suryaman Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Yayuk Ratna Indah Sari Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2231

Abstract

Keterbatasan media pembelajaran yang sebagian besar materi yang ditransformasikan melalui buku pegangan siswa membuat sebagian siswa merasa jenuh terhadap kegiatan pembelajaran serta media pembelajaran yang belum mengintegrasikan konten kearifan lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media infografis digital yang mengintegrasikan potensi kearifan lokal Malang untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk yang dikembangkan yaitu media INDIGO SI RIKAL (Infografis Digital Go Smart Berbasis Potensi Kearifan Lokal Malang). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pringgodani 03 yang berjumlah 22 siswa. Teknik dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, tes, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media INDIGO SI RIKAL layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan validasi ahli media sebesar 100% dengan kriteria sangat layak, validasi ahli materi sebesar 98% dengan kriteria sangat layak, respon guru sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, respon siswa kelompok kecil dan kelompok besar mendapat presentase sebesar 96% dan 92% dengan kriteria sangat layak. Media INDIGO SI RIKAL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest. Persentase peningkatan hasil belajar siswa menggunakan perhitungan klasikal pada kelompok kecil sebesar 71%, pada kelompok besar sebesar 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media INDIGO SI RIKAL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media pembelajaran ini diharapkan mampu mengakomodir media pembelajaran yang mampu mengintegrasikan konten kearifan lokal malang sehingga menambah kaya sumber materi pembelajarna bagi siswa.

Keywords:

Media INDIGO SI RIKAL, Hasil Belajar Siswa, kearifan lokal

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 496
Downloads Count: 378

Published

2022-04-30

How to Cite

Suryaman, S., & Sari, Y. R. I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INDIGO SI RIKAL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 397–408. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2231

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.